Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Bawaslu Larang Keras ASN, TNI, Polri dan Kepala Desa Ikut Dalam Politik Praktis
Kamis, 22-11-2018 | 15:56 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sidoarjo, siang tadi menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pemilihan calon anggota DPD, DPR dan DPRD serta pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sidoarjo untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilihan umum (pemilu).

Ratusan perwakilan ASN, TNI, Polri dan kepala desa mendapatkan himbauan dari Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, agar tidak terlibat langsung dalam politik praktis pemilihan DPR dan pemilihan presiden dan wakil presiden, karena sudah terdapat undang-undang dan jika dilanggar, maka akan bisa dipidana.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Haidar mengatakan, peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Dengan harapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas.
 
Sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di Sidoarjo, sehingga pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib, lancar dan damai.
 
"Masyarakat bisa mengawasi penyelenggaraan pemilu, misalnya pada tahap pemuktahiran data, verifikasi faktual, jadi ketika ada informasi yang ingin disampaikan pada Panwaslu, pada prinsipnya selalu terbuka," kata Haidar.
 
Sementara itu, ditegaskan lagi, bahwa ASN, TNI, Polri dan kepala desa untuk tidak terlibat langsung di dalam politik pemilihan DPR dan capres-cawapres 2019, karena mereka sangat rentan kemasukan calon untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya.(end)

Berita Terkait


Bawaslu Catat Ada 1.047 APK Melanggar Selama Masa Kampanye

Bawaslu Catat Ada 1.047 APK Melanggar Selama Masa Kampanye

Ketua DPRD Surabaya Laporkan Bawaslu Ke Polda Jatim

Mangkir Panggilan, Dewan Nilai Bawaslu Lecehkan Lembaga DPRD


APK Dekat Sekolah Luput Dari Pengawasan Bawaslu

Bawaslu Ponorogo Akan Tindak Lanjuti Laporan Dari Tim Pemenangan Jokowi Makruf

Bawaslu Pasuruan Cermati LPSDK Parpol

Terlibat Kampanye Pilpres, 3 ASN Diperiksa Bawaslu Lamongan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber