Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Melaju dengan Kecepatan di Atas 100 Km/Jam, Pengguna Tol Sumo Terancam Tilang
Rabu, 21-11-2018 | 18:10 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol, Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim melakukan operasi OSLE (Over Speed Law Enforcement). Operasi OSLE ini menggunakan alat terbaru kepolisian lalu lintas ini disebut speed gun. Alat ini langsung merekam rincian kecepatan dan mengirim data kendaraan untuk tindakan tilang pada pintu exit tol.

Sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol seluruh wilayah Jawa Timur, Dikrektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, melakukan operasi OSLE (Over Speed Law Enforcement).
 
Penindakan ini digelar di tol Surabaya-Mojokerto, dengan sasaran pengguna kendaraan roda empat yang melebihi batas kecepatan. Untuk mengukur kecepatan, Polda Jatim telah menggunakan alat baru yang khusus disebut speed gun.
 
Alat ini digunakan untuk merekam kecepatan akurat dan akan mengeluarkan tampilan keterangan kecepatan, mulai 100, 120, hingga 140 kilometer per jam. Bagi pengemudi kendaraan yang melaju di atas kecepatan batas 100 kilometer per jam , petugas dengan alat speed gun, langsung mengirimkan data pada petugas yang berada di exil pintu tol untuk melakukan tilang.
 
"Bagi pengguna jalan tol yang melanggar batas kecepatan, maka akan ditindak langsung saat keluar gerbang tol. Esensinya, pelanggaran tilang berbentuk denda dan atau hukuman kurungan," kata AKBP Bambang Sukmo Wibowo, Kasat PJR Polda Jatim.
 
Pembayaran denda bisa dilakukan melalui e-banking, dan tidak ada pembayaran langsung diterima oleh petugas di lapangan. Sesuai pasal 287, junto pasal 106 atau pasal 115, menyatakan pelanggaran tersebut dikenakan denda maksimal Rp 500 ribu.
 
Berdasarkan penelitian batas kecepatan diatas 100 kilometer per jam, berpotensi terjadi slip ban dan sulit mengendalikan kendaraan. Sehingga, dengan speed gun, diharapkan masyarakat lebih waspada saat berada di jalan tol.(end)

Berita Terkait


Melaju dengan Kecepatan di Atas 100 Km/Jam, Pengguna Tol Sumo Terancam Tilang

Arus Kendaraan Tol Turun Drastis, Gubernur Desak Penurunan Tarif

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Sumo

Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumo


Polres Tulungagung Siapkan Pemakaman Anggota Korban Kecelakaan di Tol Sumo

Kecelakaan di Tol Sumo, Istri dan Ajudan Kapolres Tulungagung Tewas

Jelang Diresmikan, Tarif Tol Ngawi-Wilangan Lebih Murah Dibanding Tol Sumo

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Sumo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber