Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Masyarakat Desa Pondok Rayakan Maulud Nabi Dengan Tradisi Unik
Rabu, 21-11-2018 | 05:19 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Masyarakat Desa Pondok, Babadan, Ponorogo, punya tradisi unik di dalam merayakan Maulud Nabi setiap tahunnya. Tidak hanya arak-arakan kesenian unto-untonan, masyarakat desa setempat juga berebut gunungan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Dua gunungan yang diarak keliling Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Ponorogo, yang berisi berbagai makanan hasil bumi desa setempat. Tradisi unik ini dilakukan setiap tahun pada saat Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Sebelum dipurak, dua gunungan yang diletakkan di depan masjid tua yang ada di desa setempat, dilakukan doa bersama. Selain itu, tokoh pemuda dan sesepuh desa melakukan atraksi peragaan pencak silat, yang cukup menarik warga untuk menyaksikan.

Menurut Muhadi, panitia kegiatan menjelaskan, tradisi ini merupakan simbol bentuk syukur atas hasil pertanian yang dilimpahkan serta bagian dari tradisi turun-temurun masyarakat desa setempat, yang terus dipertahankan.

Pada moment Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di beberapa daerah, memang sering dirayakan dengan berbagai kegiatan, dari mulai pengajian, hingga tradisi yang unik, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Pondok, Ponorogo.(end)

Berita Terkait


Masyarakat Desa Pondok Rayakan Maulud Nabi Dengan Tradisi Unik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber