Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Maulid Nabi, Ratusan Warga Saling Berebut Uang Koin Saat Tradisi Udikan
Selasa, 20-11-2018 | 15:38 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Ratusan warga Desa Kedondong saling berebut jajan pasar dan ribuan uang koin receh senilai puluhan juta rupiah. Tradisi sebar udikan atau rebutan uang koin dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan sebagai wujud syukur serta barokah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sebuah gunungan berisikan jajan pasar, serta sejumlah uang kertas, diperebutkan oleh ratusan warga Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Bukan hanya dari kalangan anak anak saja, namun sejumlah orang dewasa pun juga ikut berebut gunungan jajan, yang dipercaya bisa membawa berkah. Tak sedikit dari mereka yang rela berdesak - desakan, demi mendapatkan jajanan pasar.
 
Sementara itu, saat menebar uang koin para sesepuh dan tokoh masyarakat melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Ratusan warga mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia berdesakan untuk mendapatkan uang koin itu.
 
Tidak sedikit warga yang terjatuh dan bahkan terjepit saat berdesakan dengan ratusan warga lainnya. Namun mereka tetap saja berebut demi mendapatkan uang koin. Kegiatan ini sudah berlangsung turun-menurun, tradisi ini dimaknai sebagai wujud saling berbagi dan bersedekah, khususnya bagi warga tidak mampu .
 
Pihak panitia menyediakan sedikitnya 10 juta uang koin yang disebar, uang itu berasal dari pihak donatur warga asli desa tersebut. "Tradisi sebar udikan atau uang koin sudah ada sejak puluhan tahun silam, yang merupakan tradisi turun-temurun dari nenek moyang," tutur Sudarmoko, tokoh masyarakat.
 
Sebelum digelar tradisi udikan, sejumlah sesepuh desa berdoa bersama dengan iring-iringan sholawat serta alat musik tradisional yang dikenal dengan gembrung. Uang koin yang berada di baskom, serta puluhan keris dan alat pusaka, didoakan bersama oleh sesepuh desa, agar mendapatkan rahmat.(end)

Berita Terkait


Perbaiki Kualitas Mental, Warga Binaan Dengan Istigosah Akbar

Tutup Bulan Maulid, Siswa Arak Belasan Ancak Agung Keliling Kota

Tradisi Maulid Nabi, Ratusan Warga dan ASN Berebut Gunungan Onde Onde

Tradisi Maulid, Gembrungan Hingga Pesta Pisang


Hadir di Acara Maulid Nabi, Khofifah Bantah Telah Merapat Ke Kubu Prabowo-Sandi

Rayakan Maulid Nabi, Warga Bawa Timba Dihias Aneka Macam Makanan ke Masjid

Maulid Nabi, Ratusan Warga Saling Berebut Uang Koin Saat Tradisi Udikan

Kirab Gunungan Jaler-Estri Peringati Maulid Nabi Saw 1440 H

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber