Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Peringatan Maulud Nabi, Warga Berebut Pakaian di Atas Pohon Keres
Selasa, 20-11-2018 | 14:32 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Banyak cara dilakukan warga untuk memperingati kelahiran Rasulullah Muhammad SAW. Di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, ratusan orang berebut pakaian, buah-buahan dan berbagai jenis hadiah lain yang dipasang di atas pohon kersen.

Setelah dibacakan doa, ratusan orang yang sudah berkumpul sejak pagi ini menyerbu dua pohon keres yang telah dipasangi berbagai macam hadiah. Mereka pun saling berebut untuk mendapatkan pakaian, buah-buahan serta berbagai jenis hadiah lainnya.

Tidak hanya orang tua, acara yang merupakan tradisi turun temurun di Desa Mengelo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto ini, juga diikuti anak-anak. Mereka pun ikut berebut pakaian, buah-buahan serta hasil bumi lainnya. Di antara warga bahkan ada yang terjepit dan terinjak-ijak oleh warga lainnya.

Beruntung aksi warga ini, tak sampai menimbulkan korban. Meski berisiko terinjak-injak dan terluka saat berebut, namun warga mengaku senang dengan tradisi pohon kersen dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Warga percaya percaya akan mendapatkan berkah jika membawa pulang hasil dari berebut.

Menurut M Taufik salah satu panitia, tradisi keresan ini digelar setiap tahunnya diadakan pada bulan maulid dan merupakan tradisi turun temurun warga Mengelo. Selain peringatan maulud Nabi Muhammad SAW. Tradisi keresan ini, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan hasil panen yang cukup melimpah. (pul)

Berita Terkait


Masyarakat Desa Pondok Rayakan Maulud Nabi Dengan Tradisi Unik

Peringatan Maulud Nabi, Warga Berebut Pakaian di Atas Pohon Keres


Kampung Pia Menuai Berkah Maulud Nabi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber