Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Tinju yang digelari sedikit unik, karena kedua petinju bertarung dengan mata tertutup.Foto Rafli
Sambut Maulid, Warga Gelar Tinju Dengan Mata Tertutup
Selasa, 20-11-2018 | 14:28 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Berbagai macam cara dilakukan untuk menyemarakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Seperti warga di Kota Batu yang memperingati hari besar dengan menggelar pertandingan tinju.

Kemeriahan itu di Desa Giripurno Kota Batu  Takmir Mushola Baitur Rohmah Desa Giripurno Kota Batu. Berbeda dengan tinju pada umumnya tinju, yang digelar dalam rangka maulid nabi ini sedikit unik. Karena kedua petinju bertarung dengan mata tertutup.

Dengan kondisi mata ditutup kain hitam, petinju akhirnya harus mencari keberadaan lawan dulu sebelum melayangkan pukulan.

Sebelum bertanding, tubuh diputar-putar dulu di dalam ring. Kondisi ini semakin membuat petinju tidak bisa dengan mudah menentukan posisi lawan.

Banyak kelucuan yang muncul dalam pertandingan tinju dengan mata tertutup ini. Salah satunya bagaimana para petinju terus berputar-putar mencari keberadaan lawannya. Bahkan ada yang salah arah hingga nyaris memukul wasit.

Tingkah lucu petinju amatiran ini membuat warga yang memadati halaman mushola terpingkal pingkal. Sorak sorai penonton semakin membuat petinju bersemangat. Meski kerap kali salah arah, para petinju terus berusaha melacak keberadaan lawan. Karena bertujuan untuk menghibur, tidak ada aturan baku dalam pertandingan ini.

Slamet Ketua Panitia mengatakan, sengaja memilih tinju untuk menyemarakan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Disamping untuk mengedukasi warga tentang olahraga tinju, juga untuk mengurangi kenakalan remaja yang gemar berkelahi.

Kendati lebih bertujuan untuk hiburan, namun perlengkapan keamanan tetap wajib dikenakan para petinju. Diantaranya pelindung kepala, juga memakai sarung tinju seperti pertandingan tinju pada umumnya.

"Meski baru pertama kali mencoba olahraga tinju sejumlah peserta nampak antusias mengikuti tinju dengan mata tertutup, juga untuk menyermarakan peringatan maulid nabi Muhammad SAW," kata Slamet.

Tinju amatir ini sendiri juga mendatangkan atlet tinju profesional dari Pertina Kota Batu. Agar masyarakat mengerti olahraga tinju yang benar. Bahkan kesempatan ini dimaksimalkan oleh pengurus pertina Kota Batu untuk menjaring bibit bibit petinju potensial. (pul)

Berita Terkait


Perbaiki Kualitas Mental, Warga Binaan Dengan Istigosah Akbar

Tutup Bulan Maulid, Siswa Arak Belasan Ancak Agung Keliling Kota

Tradisi Maulid Nabi, Ratusan Warga dan ASN Berebut Gunungan Onde Onde

Tradisi Maulid, Gembrungan Hingga Pesta Pisang


Rayakan Maulid Nabi Dengan Hafalan Al Quran

Libur Maulid Nabi Muhammad, Pengunjung di Pantai Jumiang Membludak

Hadir di Acara Maulid Nabi, Khofifah Bantah Telah Merapat Ke Kubu Prabowo-Sandi

Rayakan Maulid Nabi, Warga Bawa Timba Dihias Aneka Macam Makanan ke Masjid
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber