Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Menguji Netralitas ASN dan TNI-Polri Jelang Pemilu 2019
Sabtu, 17-11-2018 | 04:12 wib
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Dalam setiap perhelatan pemilihan umum, topik yang sering menjadi pembicaraan yakni terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta TNI-Polri. Sesuai aturan, ASN serta TNI-Polri dilarang untuk terlibat politik praktis. Namun, asn masih memilik hak memilih dalam pemilu nanti, dibandingkan TNI-Polri.

Bawaslu Kota Madiun memberikan sosialisasi terkait netralitas ASN serta TNI-Polri menjelang pemilu 2019 mendatang. Dalam Pilkada serentak beberapa waktu lalu, sejumlah ASN harus menjalani pemanggilan Bawaslu Kota Madiun lantaran diduga tidak netral.

Sekretaris Daerah Kota Madiun, Rusdiyanto mengingatkan ASN di Kota Madiun untuk tidak mendukung secara langsung kepada calon peserta pemilu. Bahkan hanya sekedar memberikan like status di media sosial pun dilarang. "Untuk itu perlu kehati-hatian bagi ASN dalam masa tahun politik ini," jelas Rusdiyanto.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko mengatakan, ASN harus selalu berhati-hati terutama tidak menjadi tim atau pelaksana kampanye.

Menurutnya, ASN diperbolehkan menghadiri kampanye asal tidak menggunakan atribut sebagai abdi negara termasuk kendaraan dinas. "Namun ASN hanya diperbolehkan mendengarkan visi misi yang disampaikan calon," kata Kokok Heru Purwoko.

Sesuai aturan, jika ADA asn yang tidak netral maka sanksi akan diberikan mulai dari peringatan ringan berupa teguran. Peringatan keras seperti penundaan kenaikan gaji berkala, hingga sanksi yang terberat pemberhentian dengan tidak hormat. (yos)

Berita Terkait


ASN Jatuhkan Sanksi ASN Pemkot Malang Tak Netral

Mendekam di Bui, Bambang Bras dan Priono Diberhentikan Sementara

ASN Jadi Makelar CPNS Era Sumantri Mulai Diusut

Sikapi Kasus ASN Terlibat Kampanye, Bawaslu Gencarkan Sosialisasi Netralitas


Gubernur Berpamitan Dengan ASN di Pemprov Jatim

Terlibat Kampanye Pilpres, 3 ASN Diperiksa Bawaslu Lamongan

Bandel, Rombong Milik ASN Ini Disita Satpol PP

Puluhan Penghuni Rutan Tak Jelas Identitasnya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber