Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Museum WR Soepratman Diresmikan Tanpa Data Tempat Dan Tanggal Lahir
Sabtu, 10-11-2018 | 18:43 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Peresmian museum pahlawan nasional WR. Soepratman di Jalan Mannga no 21Kota Surabaya pada Sabtu (10/11) yang bertepatan di hari pahlawan, layak menjadi kabar yang membahagiakan bagi warga di kota pahlawan.

Pada peresmian ini turut dihadiri langsung oleh keluarga ahli waris WR Soepratman. Selain mengapresiasi lahirnya museum WR. Soepratman di Surabaya, pihak keluarga juga turut memberikan masukan dan tambahan untuk koleksi museum.
 
Meski data tempat dan tanggal lahir WR. Soepratman masih menjadi kontroversi, museum ini tetap diresmikan dengan keputusan tanpa memunculkan tanggal dan tempat lahir sang komposer untuk menghindari adanya polemik. Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, persiapan literasi museum ini dilakukan sejak empat tahun yang lalu.
 
"Saya tidak ingin ada polemik disitu, yang penting adalah museum ini ada dan dulu pernah pahlawan kita tinggal di tempat ini," jelas Risma.
 
Sementara itu, Budi Harry, keluarga ahli waris WR. Soepratman mengapresiasi Pemerintah Kota Surabaya yang telah memberikan perhatian terhadap rumah wafat WR. Soepratman hingga museum ini bisa terwujud.

Pihaknya menghimbau agar pemerintah mengikuti data tanggal lahir yang bersumber dari keluarga ahli waris. Upaya keluarga akan terus dilakukan untuk memperjuangkan kebenaran data kelahiran di Meester Cornelis atau Jatinegara tanggal 9 maret 1903 sesuai dengan yang tertulis di makam WR. Soepratman.
 
Versi lain menyebutkan bahwa WR. Soepratman lahir di Somongari, Purworejo 19 Maret 1903. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti menegaskan, pelurusan sejarah tersebut bukan menjadi kewenangan pemerintah kota Surabaya, namun kewanangan pemerintah pusat.
 
Penambahan 1 museum pahlawan nasional di Surabaya ini seharusnya mampu memperkuat identitas Kota Surabaya sebagai kota pahlawan.

Namun sangat disayangkan, jika museum ini justru menimbulkan pertanyaan bagi pengunjung khususnya anak-anak terkait data tanggal lahir yang belum jelas. (yos)
 




Berita Terkait


Museum WR Soepratman Diresmikan Tanpa Data Tempat Dan Tanggal Lahir

Besok Diresmikan, Museum WR. Soepratman Masih Berantakan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber