Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga Suku Tengger Gelar Teatrikal Hari Pahlawan
Sabtu, 10-11-2018 | 10:37 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini. Di Probolinggo, warga Suku Tengger yang bermukim di Lereng Gunung Bromo ikut memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar teatrikal.

Drama kolosal menggambarkan suasana di markas penjajah Belanda. Terlihat tentara Belanda memegang senjata sangat ketat mengawasi serta menjaga benteng pertahanan.

Bendera Merah Putih Biru masih berkibar di markas ini. Sedangkan di luar markas, tampak rakyat Indonesia melakukan aktifitas bercocok tanam dan menjadi kuli batu.  

Melihat gerik-gerik rakyat yang mencurigakan, tentara kompeni datang dan langsung menyiksa dan menangkap rakyat yang tidak berdosa. Selanjutnya mereka dijebloskan ke penjara.

Melihat rakyat banyak ditangkap, disiksa hingga dipekerjakan sebagai budak, Pemuda Soetomo berkumpul dan merencakanakan melakukan perlawanan.

Dengan semangat juangnya, Bung Tomo memberikan motivasi agar pemuda. Rakyat Indonesia tidak takut melawan penjajah meski jiwa raga sebagai taruhannya. Benar saja, para pejuang mampu melawan tentara kompeni.

Teatrikal di Hari Pahlawan 10 November ini merupakan penggambaran warga suku tengger yang bermukim di lereng Bromo sangat cinta tanah air.

Menurut Yulius Cristian, Camat Sukapura, selain ikut memperingati Hari Pahlawan, ternyata di wilayah Bromo banyak bangunan peninggalan Belanda. Ini membuktikan leluhur warga Lereng Bromo juga banyak yang ikut berjuang. "Diharapkan generasi muda makin cinta tanah airnya, bahkan berani mati demi negeri," kata Yulius. (pul)

Berita Terkait


Kenang Pahlawan, Puluhan Remaja Gelar Drama Gerbong Maut

Hari Pahlawan, Begini kegiatan Para PAUD Surabaya

Peringati Peristiwa Gerbong Maut 23 November, Ratusan Anak TK Ikuti Lomba Mewarnai Monumen

Peringati Hari Pahlawan Ala Kerajaan Majapahit


Peringati Hari Pahlawan, Semua ASN Pemkab Gresik Ikut Perang Melawan Penjajah

Peringati Hari Pahlawan dengan Tari Balet

Bendera Sepajang 500 Meter Dikirab Menjelang Peringatan Hari Pahlawan

Hari Pahlawan, Siswa Buat Senjata Dari Pelepah Pisang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber