Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Besok Diresmikan, Museum WR. Soepratman Masih Berantakan
Jum'at, 09-11-2018 | 19:23 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Jelang peresmian Museum WR. Soepratman yang bertepatan pada hari pahlawan tanggal 10 November besok, kondisi fisik museum hingga H-1 peresmian nampak masih berantakan.

Rumah wafat WR. Soepratman yang terletak di Jalan Mangga No. 21, Tambaksari Surabaya, akan diresmikan bertepatan dengan hari pahlawan tanggal 10 November.

Hingga Jumat (9/10) siang, pengecatan dinding, perbaikan diorama, dan pemasangan nama museum terus dilakukan. Koleksi benda bersejarah seperti jas dan biola wr soepratman juga nampak belum terpasang.

Polemik terkait adanya 2 data tanggal lahir sang komposer ini nampaknya juga belum terselesaikan. Dijajaran foto biografi WR Soepratman yang sudah terpasang di dinding, informasi terkait tanggal lahir hingga hari ini belum juga terpasang.

Menurut informasi yang didapatkan dari Camat Tambaksari dan penjaga museum yang berada di lokasi, peresmian museum akan dilakukan tanpa tanggal dan tempat lahir WR. Soepratman.

Hal ini dikarenakan adanya dua data yang berbeda terkait tanggal dan tempat lahir sang pencipta lagu Indonesia Raya ini. Versi pertama menyebutkan wr soepratman lahir di Jatinegara, tanggal 9 Maret 1903 seperti yang tercantum dalam putusan Pengadilan Negeri Surabaya yang juga tertulis di makam WR Soepratman.

Aementara versi kedua lahir di Purworejo, tanggal 19 Maret 1903 yang muncul dari sejumlah saksi yang diperiksa dalam Pengadilan Negeri Purworejo.

Pada peresmian museum besok, rencananya akan turut dihadiri oleh beberapa keluarga besar WR. Soepratman seperti Roy Hari Purnomo dan Ani Ahadiyah.

Pihaknya mengaku akan terus memperjuangkan kebenaran data tanggal lahir WR Soepratman sesuai data keluarga besar yaitu di Jatinegara, tanggal 9 Maret 1903. (yos)




Berita Terkait


IRONI DI PESAN PEMBUKAAN MUSEUM WR SOEPRATMAN

Museum WR Soepratman Diresmikan Tanpa Data Tempat Dan Tanggal Lahir

Besok Diresmikan, Museum WR. Soepratman Masih Berantakan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber