Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Balai Karantina Ikan Lepasliarkan 5.806 Ekor Baby Lobster Selundupan
Jum'at, 09-11-2018 | 14:37 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Petugas gabungan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Kelas 1 Surabaya dan petugas BPSPL Jatim, serta Polisi Air Polres Probolinggo, melepasliarkan 5.806 ekor baby lobster di perairan Pantai Utara Probolinggo.

Ribuan baby lobster ini merupakan barang bukti, upaya penyelundupan di Bandara Internasional Juanda, yang digagalkan petugas avsec dan satgaspam bandara.

Baby lobster jenis pasir dan mutiara ini rencananya akan dikirim tujuan Singapura, dengan pesawat udara GA-9995. Penyelundupan ini gagal setelah melalui pemeriksaan x- ray meeting point di terminal 2 bandara internsional juanda.

Petugas berhasil menyita 22 kantong plastik berisi ribuan ekor baby lobster bernama latin panulirus, yang tertata rapi ke dalam koper. Kantong plastik lobster terbagi menjadi 14 kantong berisi 4.074 ekor baby lobster jenis pasir dan 8 kantong berisi 1.732 ekor baby lobster jenis mutiara.

Saat ini pemilik baby lobster bernama Hady Tosin warga Kecamatan Ilir Timur 1 Kota Palembang, Sumatera Selatan diamankan petugas.

Petugas gabungan ini, sengaja menebarkan benih baby lobster jenis pasir dan mutiara, karena sudah mendapatkan persetujuan dari pihak BPSPL Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Wilayah Jawa Timur. Ekosistem laut di perairan probolinggo sangat cocok untuk perkembang biakan lobster jenis ini.

Abdul Wahid, petugas BKIPM 1 Surabaya, mengatakan, pelepas benih benur lobster sangat rentan kematian. "Kondisi laut utara probolinggo bagus dengan kondisi berpasir dan berkarang," ujar Abdul Wahid.

Sementara itu, Beryl petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Surabaya, bagusnya Laut Utara Probolinggo. "Selain tidak terlalu dalam, juga tidak ada hewan laut predator," jelas Bery.

Petugas Balai Karantina Ikan Kelas 1 Surabaya dan petugas polair, menghimbau dan mengajak masyarakat nelayan dan pesisir untuk bersama - sama melestarikan biota laut yang dilindungi, agar bisa berkembang biak dan bisa dikonsumsi oleh anak cucu kita nanti. (yos)

Berita Terkait


Balai Karantina Ikan Lepasliarkan 5.806 Ekor Baby Lobster Selundupan

Petugas Keamanan Juanda Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster

Polres Banyuwangi Gagalkan Penyelundupan Lobster Asal Lombok

Puluhan Ribu Baby Lobster Diamankan Kepolisian Banyuwangi


Puluhan Baby Lobster Dilepasliarkan, Hasil Tangkapan Ditkrimsus Polda Jatim

Jual Lobster Dibawah Ukuran, Pengusaha Ikan Asal Muncar Ditangkap Polisi

Petugas Gabungan Lepasliarkan Baby Lobster Pulau Gili Ketapang

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Baby Lobster
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber