Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Perbanyak Perbaikan Kualitas Tenaga Penerbang
Jum'at, 09-11-2018 | 07:30 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Pemerintah giat dalam pembangunan infrastruktur, namun belum diimbangi dengan pembangunan SDM yang merata, Kementerian Perhubungan memerinci, tahun depan ada 15 bandara baru yang dibangun. Namun belum cukup SDM yang bisa mengisi kekosongan tenaga di industri penerbangan.

Kementerian Perhubungan mengakui, jika tengah mengalami kekurangan SDM di industri penerbangan. Padahal, pembangunan infrastruktur khususnya bandara terus dilakukan.

Umiyatun Hayati Triastuti Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementrian Perhubungan menyebutkan, saat ini pihaknya bekerjasama dengan kementerian bumn dalam hal pemerataan pembangunan di daerah strategis.

Salah satunya adalah dengan memberikan beasiswa pendidikan dan pelatihan bagi siswa politeknik penerbangan surabaya, asli Papua dan NTT.

"Nantinya mereka akan direkrut secara khusus menjadi tenaga navigasi, tenaga penerbang, pilot, hingga menjadi petugas air traffic control, ATC," jelas Umiyatun.

Sementara, Novie Riyanto, Airnav Indonesia, BUMN Bidang Industri Penerbangan mengaku, pemberdayaan masyarakat di papua menjadi salah satu fokus airnav Indonesia.

"Sehingga airnav Indonesia dapat turut berperan mendukung program pemerintah dalam membangun wilayah Papua," jelas Novie Riyanto.

Kemenhub menilai, kerja sama ini bisa meningkatkan perbaikan SDM khususnya bagian navigasi. Terlebih lagi pada tahun 2019 akan ada penambahan 15 bandara baru. (yos)

Berita Terkait


Perbanyak Perbaikan Kualitas Tenaga Penerbang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber