Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Dari keberhasilannya itu, kedua pencipta robotic menjadi juara 2 terbaik dalam presentation robotics kompetition 2018 tingkat nasional. Foto Muji
Siswi NU ini Ciptakan Robotic Pendeteksi Korban Bencana
Kamis, 08-11-2018 | 23:13 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Prihatin banyaknya korban bencana alam yang belum sempat ditemukan, 2 siswa Nahdaltul Ulama Sidoarjo menciptakan inovasi robotics pendeteksi korban bencana alam.

Dua siswa tersebut adalah Angela Fabiola Debitabelfa dan Nasywa Az Zahra kelas 8 dari Sekolah Madrasah Tsnawiyah Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo. Mereka merangkai sejumlah komponen robotic yang nantinya berfungsi mendeteksi suhu manusia untuk para korban bencana alam.

Robot ini menggunakan sensor vier sebagai kekuatan utamanya dan kamera gopro yang disertai dengan vier. Tujuan dari penggunaan kamera vier ini, agar bisa melihat secara langsung kondisi disekitarnya.

Menurut Angela Fabiola Debitabelfa sang penemu, dengan kamera tersebut robotic dapat melihat keberadaan sensasi secara nyata mendeteksi suhu tubuh manusia yang akan mengirim signal bunyi melalui bazer. Sedangkan bazer berfungsi untuk mendeteksi bahwa disekitar lokasi ada manusia atau korban yang masih hidup maupun meninggal dunia.

Kecanggihan robotic tersebut, hanya membutuhkan kompenen yang dirakit seperti baterai kepada motor drivernya dan robot tersebut akan bergerak secara otomatis.

Robotic tidak menggunakan romot kontrol atau manual, dan bergerak secara otomatis. Hal tersebut didukung kekuatan dari ultrasonic yang akan mengirimkan frekuensi bunyi sehingga dapat memantulkan suatu benda.

Dari frekuensi tersebut robotic bisa mengetahui jarak tempuh jika sewaktu-waktu ada benda atau halangan di depannya. Selanjutnya ultrasonic akan dikembangkan disisih kanan kiri robotic sehingga tidak memantulkan dibagian depan dan atas, namun bisa mendetiksi dibagin bawah.

Sementara itu menurut Syamsu Hari kepala sekolah, akan mematenkan hak cipta hasil karya siswa Madrasah Tsnawiyah Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo ini. Sebab kedua siswa ini telah menjadi juara 2 the best presentation robotics kompetition 2018 tingkat nasional. (pul)

Berita Terkait


Siswi NU ini Ciptakan Robotic Pendeteksi Korban Bencana

Inovasi Mahasiswa, Robot Pemindah Barang Dengan Sensor Pintar

ITS Targetkan Jadi Delegasi Indonesia Ditingkat Internasional

Hebat, Tim ITS Raih Prestasi di Robocup 2018 Kanada


Menang Kontes Robot, 4 Tim Siswa SD Sabet Juara Kompetisi Robocup Singapura

Robot Berteknologi Neuromorfis dengan Kecerdasan Buatan

Siswa Sekolah Dasar Beradu Ketangkasan Dalam Kompetisi Robotika Nasional

Lomba Robot Pascal Manfaatkan Tekanan Energi Air
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber