Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

KPK Hadirkan Pemberi Suap ke Walikota Blitar Non Aktif Sebagai Saksi
Kamis, 08-11-2018 | 19:25 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : KPK Hadirkan Pemberi Suap ke Walikota Blitar Non Aktif Sebagai Saksi
Surabaya pojokpitu.com, Walikota Blitar Non Aktif, Samanhudi Anwar kembali menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor Surabaya) Kamis sore.

Dalam sidang ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK menghadirkan 2 saksi kasus suap yakni Susilo Prabowo dan Windha Paramitha yang merupakan pegawai may bank blitar.

Susilo Prabowo didengarkan keterangannya sebagai pemberi suap, sedangkan saksi Windha Paramitha, terkait adanya pencairan beberapa cek yang terkait kasus suap.
 
Terungkap dalam persidangan, suap yang diterima Samanhudi Anwar dari Susilo Prabowo diterima dalam beberapa periode sejak tahun 2014 hingga 2018.

Total suap yang diberikan ke mantan bupati blitar ini sebesar Rp 38 miliar, suap diberikan Susilo Prabowo untuk mendapatkan sejumlah proyek yang ada di biltar.

Meski terungkap fakta penyuapan, namun majelis hakim sempat dibuat kesal oleh keterangan Susilo Prabowo, yang sempat memutar balikkan fakta suap ke hutang piutang.
 
Dalam berita sebelumnya, jaksa KPK, Abdul Basyir mendakwa mantan Walikota Blitar Samanhudi Anwar menerima suap dari Susilo Prabowo alias Embun, seorang kontraktor yang telah divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim tipikor.

Terdakwa Samanhudi Anwar didakwa menerima fee 8 persen dari total proyek sebesar Rp 23 miliar, yang diterima melalui penjahit pribadinya Bambang Purnomo.
 
Jaksa KPK menilai perbuatan kedua terdakwa dianggap melanggar pasal 12 atau pasal 11 undang-undang nomnor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 kuhpidana. (yos)

Berita Terkait


KPK Hadirkan Pemberi Suap ke Walikota Blitar Non Aktif Sebagai Saksi

Ratusan Warga Demo Tuntuk KPK Usut Kasus Korupsi

KPK Geledah Kamar Pribadi Walikota Blitar

KPK Kembali Geledah Rumah Dinas Walikota Blitar

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber