Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Ratusan Burung Tak Berijin Disita Petugas Dipelabuhan Tanjung Perak
Kamis, 08-11-2018 | 19:01 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, gagalkan upaya penyelundupan ratusan ekor burung berbagai jenis tak berdokumen, dan ilegal yang dibawa melalui kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Burung asal Balikpapan Kalimantan Timur itu, dikirim ke Surabaya dengan truk bermuatan kayu.

Dari penggerebekan, petugas mendapati sekitar 481 ekor burung berbagai jenis, yang dibawa dua orang penumpang bersama truk bermuatan kayu. Diantaranya, 64 ekor burung beo, 293 ekor burung cucak hijau, dan 124 ekor burung murai batu, yang dikemas dalam boks kecil dan terpisah.

Musyaffak Fauzi, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan burung dilingungi ini dikirim tanpa dilengkapi dokumen karantina dan sertifikat kesehatan dari kota asalnya.

"Selain itu sebagai antisipasi penyebaran penyakit, burung itu terpaksa diamankan petugas, untuk dilakukan tindakan karantina," jelas Musyaffak Fauzi.

Hingga kini petugas masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut, terkait asal dan tujuan pengiriman burung. Jika dalam waktu 3 hari batas toleransi yang diberikan, pemilik tak dapat melengkapi dokumen karantina kesehatan dari daerah asal, maka burung ini akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  untuk selanjutnya dilepas liarkan. (yos)

Berita Terkait


Ratusan Burung Tak Berijin Disita Petugas Dipelabuhan Tanjung Perak

1005 Ekor Burung Ilegal Diamankan Ditpolair Polda Jatim di Pelabuhan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber