Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kerajinan Limbah Kain Batik Buatan Difabel
Selasa, 06-11-2018 | 04:30 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Salah satu usaha batik di Kabupaten Ngawi, melibatkan para difabel sebagai pekerjanya, mereka berkarya mengolah limbah kain batik menjadi berbagai kerajinan unik. Mulai dari tas, dompet dan kipas, kerajinan tangan pekerja difabel, tak kalah kualitasnya dari pekerja umumnya.

Seperti itulah kesibukan usaha batik Widi Nugraha, di Desa Karangasri Kota Ngawi. Usaha tersebut, menghasilkan beragam produk mulai dari kain batik khas ngawi, konveksi,  dan kerajinan limbah batik. Uniknya, usaha tersebut juga mempekerjakan 4 orang difabel, yang mengalami tuna rungu.

Johanes Triatmaja, Pengusaha Batik, mengatakan, mereka dilibatkan dalam produksi  kerajinan dari limbah kain batik, seperti pekerja lainnya, mereka sangat terampil dalam membuat beragam kerajinan tangan. Kerajinan tersebut, dijual dengan harga variatif, muali dari Rp 5 ribu hingga Rp 100  ribu. 

"Kerajinan limbah kain batik buatan para difabel, juga sering diikutsertakan  dalam berbagai pameran ke berbagai kota besar di Indonesia, untuk memotivasi para difabel lainnya," jelas Johanes Triatmaja.

Mereka juga diberikan upah seperti pekerja normal, karena kualitas karyanya tak kalah dengan pekerja lainnya. Pembuatan kerajinan limbah kain batik tersebut, mulai dari awal  untuk mengapresiasi para difabel, karena salah satu pemiliknya juga difabel.    

Dengan menerapkan manajemen khusus, kolaborasi antara pekerja difabel dan pekerja normal, mampu membuat usaha batik Widi Nugraha semakin berkembang.

Hal tersebut diharapkan menjadi teladan bagi usaha kecil dan perusahaan besar, untuk memberikan ruang lebih besar bagi kaum difabel. (yos)

Berita Terkait


Difabel Perajin Ukiran Barongan Banyuwangi

Kerajinan Limbah Kain Batik Buatan Difabel

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber