Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Inilah Nyeri Lambung yang Merenggut Nyawa Pretty Asmara
Senin, 05-11-2018 | 09:57 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Jangan sepelekan nyeri lambung atau sakit maag. Berkaca dari komedian Pretty Asmara yang meninggal karena diduga mengalami masalah dengan lambungnya.

Pretty Asmara sebelumnya sempat mengeluhkan dirinya mual, nyeri ulu hati, tak mau makan, hingga transfusi darah karena Hemoglobin (Hb) drop. Berat badannya pun turun drastis hingga 30 Kg.

Lalu bagaimana maag atau gangguan lambung bisa merenggut nyawa seseorang?

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. yang juga Ahli Endoskopi Gastrointenstinal menjelaskan, dengan tanda-tanda tersebut, Pretty Asmara sudah memiliki gejala atau alarm yang harus ditangani dengan sigap. Caranya tentu dengan eksplorasi mencari penyebab gangguan lambung tersebut.

"Harus evaluasi tanda alarm. Seperti tak nafsu makan, nyeri ulu hati, mual muntah, hingga anemia. Eksplorasi caru penyebabnya," jelas dr. Ari seperti dilansir JawaPos.com, Minggu (4/11).

Salah satu caranya adalah dengan Ultrasonografi (USG). Namun pada orang bertubuh gemuk, evaluasi memang lebih sulit terbaca. "USG untuk melihat liver, pankreas, empedu, dan ginjal. Tapi orang gemuk memang agak sulit. Dengan CT Scan bisa melihat apakah ada tumor di lambung. Dan paling tepat adalah dengan endoskopi," jelas dr. Ari.

Idealnya, kata dia, jika seseorang datang dengan alarm atau tanda-tanda seperti itu, pemeriksaan dilakukan dengan endoskopi. Sehingga bisa dieksplorasi apa penyebabnya. "Ketika datang dengan tanda seperti itu, pendekatan yang dilakukan adalah endoskopi," katanya.

Ketika terjadi penurunan berat badan drastis disertai alarm lainnya, bisa jadi hal itu tanda gangguan organik. Maka hal itu harus dieksplorasi dengan endoskopi. Endoskopi merupakan salah satu peralatan kedokteran untuk memindai atau meneropong kelainan atau penyakit pada organ-organ pencernaan. Peralatan ini dilengkapi dengan kamera mikro yang dihubungkan dengan komputer. (ika/JPC/pul)

Berita Terkait


Masa Tahanan Vanessa Angel Diperpanjang

Setelah Mucikari Fitria, Surat Penangguhan Penahanan Tersangka Lain Masih Dikaji

Maulia Lestari Minta Maaf Kepada Yayasan Putri Indonesia

Della Perez Penuhi Panggilan Polda Jatim


Banyak Kasus Penganiayaan pada Guru, Artis Nasdem Kampayekan Hormati Jasa Guru

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Kota Pasuruan Sosilisasi ke Ratusan Pelajar

Lusa, Polda Jatim Panggil Delapan Artis dan Model

Kabar Duka, Artis Saphira Indah Meninggal Dunia

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber