Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Kreasi Perahu Phinisi
Minggu, 04-11-2018 | 02:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Berbekal ketekunan dan keuletan, 2 pemuda di Jombang mampu merubah limbah kayu jadi kreasi bernilai tinggi. Limbah berupa potongan kayu ini dijadikan karya berupa perahu phinisi.

Mereka warga yang tinggal di Lereng Gunung Anjasmoro Desa Pulosari Kecamatan Bareng Jombang. Dua pemuda itu Khoirul dan Sigit Waluyo. Keduanya membuat perahui phinisi berbagai ukuran pesanan dari pelanggannya.

Di rumah sederhana ini, limbah potongan kayu dan triplek yang biasanya terbuang dimanfaatkan. Sebelum memulai membuat perahu, kayu dan triplek dipola sesuai ukuran. Kemudian dipotong membentuk bagian dari perahu yang melegenda di samudra Indonesia.

Satu persatu potongan kayu di rangkai menjadi bagian dari perahu yang utuh. Usai terbentuk kemudian diberi warna cat kayu sesuai dengan kebutuhan dan pesanan.

Khoirul pengrajin mengaku, memang tidak memiliki keahlian khusus. Dirinya hanya belajar melalui internet dan mempraktekannya. "Kini setelah menekuni hampir tiga tahun, hasil karya banyak diburu penggemar," kata Khoirul.
 
Hasil karya pemuda ini dipatok sesuai ukuran perahu. Mulai dari harga Rp 80 ribu hingga jutaan tergantung kesulitan dan bentuk ornamennya. Rata rata satu unit perahu membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu untuk penyelesaiannya. 

Sejumlah pelanggannya dari berbagai daerah  harus bersedia antre untuk bisa membawa pulang karya 2 pemuda ini. Apalagi pemerintah desa kini siap untuk menjadikannya sebagai hasil karya khas desa setempat.

Anda tertarik untuk menjadikannya hiasan rumah, silahkan datang ke desa yang yang beada di bawa Lereng Anjasmoro tersebut. (PUL)

Berita Terkait


Warga Keluhkan Bau Limbah Pabrik Tahu

Bau Menyengat Limbah Pabrik Tepung Berpotensi Sebabkan Ispa

Produk Kecantikan Berbahan Limbah Telur

Bau Busuk Berasal Dari Kebocoran Kolam Ipal


Bea Cukai Temukan 8 Kontainer Waste Paper Terpapar Limbah B3

Seni Ukir Wajah Dari Bahan Limbah Kayu Bernilai Ekonomi Tinggi

Warga Protes Sungai yang Tercemari Limbah Pabrik Dengan Pasang Poster Sindiran

Oleh-Oleh Labaran Berkah Bagi Pengrajin Lukisan Kaligrafi Limbah Serbuk Kayu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber