Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Musim pancaroba ini berdampak potensi munculnya awan sibi, yang berpotensi timbulnya angin kencang dan petir, serta berdampak terjadinya gelombang tinggi yang mempengaruhi armada transportasi laut utara jawa. Foto: Khusni Mubarok
Peralihan Musim, BMKG Imbau Waspada Angin Kencang
Kamis, 01-11-2018 | 13:30 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika Kabupaten Tuban, menghimbau masyarakat untuk selalu waspada, menghadapi pergantian musim kemarau ke musim penghujan.

Menurut Desindra Daedy Kurniawan, Kepala BMKG Tuban, pergantian musim kemarau ke musim penghujan biasanya ditandai dengan cuaca ekstrim. Yakni angin kencang dan gelombang tinggi, serta dapat munculnya awan sibi, yang akan di ikuti hujan lebat di sertai petir.

Munculnya awan sibi tersebut, akan muncul pada musim pancaroba seperti saat ini, awan sibi tersebut terjadi akibat kondisi atmosfer yang tidak stabil. "BMKG menghimbau agar masyarakat di Tuban khususnya, baik di darat maupun penguna jasa laut serta para nelayan di laut utara jawa, agar selalu waspada terjadinya cuaca ekstrim tersebut," kata Desindra Daedy Kurniawan.

BMKG Tuban juga memberikan informasi prakiraan cuaca setiap satu jam sekali, di website dan akun media sosial resmi BMKG Tuban. Agar masyarakat luas dapat melihat langsung prakiraan cuaca tersebut.

Dari pengamatan BMKG Tuban, musim hujan akan masuk pada minggu kedua di bulan November 2018. Namun di musim pancaroba ini, hujan akan turun namun tidak setiap hari, dengan intensitas rendah, dan kecepatan angin terpantau 8 kilometer perjam, suhu udara 32, 2 drajat pada siang hari. (pul)

Berita Terkait


BMKG Prediksi Hujan Lebat Hingga Akhir Februari

BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini, Terkait Cuaca Ekstrem

Peralihan Musim, BMKG Imbau Waspada Angin Kencang

Jatim Waspada Banjir, Longsor, Puting Beliung


Fenomena Super Moon 3 Hari Kedepan, BMKG Warning Kenaikan Air Laut

Puncak Musim Penghujan, BMKG Juanda Warning Curah Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

BMKG Juanda Pastikan Longsor Gubeng Bukan Fenomena Gempa

Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Waspadai Potensi Bencana Alam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber