Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Siswa Perkuat Makna Sumpah Pemuda Dengan Baju Adat
Selasa, 30-10-2018 | 14:44 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober dirayakan dengan berbagai cara oleh para pemuda di Indonesia. Di Kabupaten Bondowoso, para siswa SMAN 1 Tenggarang memperingatinya dengan cara yang unik.

Atas inisiatif siswa, sekolah mewajibkan seluruh pelajar dan guru mengenakan pakaian adat berbagai suku bangsa di Indonesia. Seperti pakaian adat suku Madura, Jawa, Sulawesi Selatan, Kalimantan, Bali, hingga Papua.

Pakaian adat tersebut dikenakan bukan hanya saat peringatan hari Sumpah Pemuda yang diisi dengan tarian daerah dan drama kolosal di lapangan sekolah. Namun sembari mengikuti berbagai aktivitas belajar menagajar dikelas pun, para generasi muda dari kelas X hingga XII tersebut tetap mengenakan pakaian adat.

Salah satu siswa, Widi Asmi mengatakan, untuk tampil maksimal dirinya mengenakan pakaian adat Kalimatan Barat. Untuk itu harus rela mencari kostum hingga ke Jember lengkap dengan hiasan bulu burung yang melekat di kepala.

Sementara itu menurut Kepala SMA 1 Tenggarang, Suprihartono, peringatan unik dengan pakaian adat ini diharapkan para siswa mampu menghayati kembali nilai-nilai Sumpah Pemuda. "Yakni meningkatkan persatuan dan kesatuan di tengah-tengah ragam suku bangsa di Indonesia," kata Suprihartono.

Peningkatan edukasi tentang budaya dan adat kepada para siswa. Bertujuan mengikis budaya kurang baik yang masuk bersama kecanggihan teknologi. (pul)

Berita Terkait


Gerakan Pemuda Anshor Digembleng Polisi di Waduk Pondok

Siswa Perkuat Makna Sumpah Pemuda Dengan Baju Adat

Pelurusan Sejarah Kelahiran WR. Soepratman

Ratusan Siswa Diajak Mengumandangkan Sumpah Pemuda


Begini Magna Hari Sumpah Pemuda Bagi Ronnie Sianturi

Peringati Sumpah Pemuda dengan Lestarikan Tari Remo

Sumpah Pemuda, Diingatkan Bahaya Radikalisme

Rafleksi Hari Sumpah Pemuda, PMII Laukan Aksi Long March

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber