Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Mau Investasi Berlian? Perhatikan Dulu hal ini
Minggu, 28-10-2018 | 03:20 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Selain digunakan sebagai perhiasan, berlian juga memiliki manfaat lain yakni untuk berinvestasi. Namun sebelum memutuskan berinvestasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal itu disampaikan Suwanto, pemimpin toko berlian Swarovski Gemstones Indonesia.

"Harus memahami 4Cs of Diamond. Yaitu, carat, cutting, color, dan clarity. Ini yang menentukan harga berlian," jelasnya.

Wanto yang juga seorang investor berlian kemudian menjelaskan detail 4C tersebut. Yang pertama, carat atau karat. Dia menjelaskan bahwa semakin besar karatnya, tentu harganya akan makin mahal. Yang kedua, cutting atau bentuk irisan. Irisan berlian ternyata sangat berpengaruh untuk permainan cahayanya. "Cari yang minimal 57 potongan dalam satu batu," jelasnya.

Yang ketiga, color atau warna. Setiap berlian mempunyai kode huruf. Dari huruf D untuk warna terbagus atau tertinggi hingga huruf Z yang terendah. "F-G yang paling umum di Indonesia. Tapi, kalau bisa cari yang D," ujarnya. "D berarti warna berlian sudah yang paling putih. Jadi jelas berpengaruh pada harga juga," sambungnya. Yang terakhir ialah clarity atau kejernihan. Wanto menyarankan memilih berlian yang paling jernih tanpa cacat.

"Berinvestasi lewat berlian ini sebenarnya juga lifestyle karena sejatinya berlian itu untuk dinikmati. Kalau ingin di-setting-kan pada perhiasan yang ingin dipakai pun tak jadi masalah," tuturnya. Sebab, tingkat kekerasan pada berlian adalah 10. Yaitu, sudah yang paling kuat meskipun terbentur atau tergores.

Sementara itu, dia juga menjelaskan bahwa naik turunya harga berlian hampir sama dengan emas yang dipengaruhi ekonomi dunia. Yakni, harga dolar. "Tapi, jumlah permintaan dan penawaran di pasaran juga masih berpengaruh," ucapnya. (ama/c20/any) 


Berita Terkait


4 Jenis Investasi yang Layak untuk Emak-Emak

Mau Investasi Berlian? Perhatikan Dulu hal ini

Surabaya Dorong Pelaku Usaha Investasi di Sektor Logistik

Australia Barat Bidik Jawa Timur Sebagai Peluang Investasi Pengusaha


Investasi Aman dan Murah, Pegadaian Gelar Bazar Emas

Tren Investasi Sepatu Mulai Berkembang di Indonesia

Dirugikan Puluhan Milyar, Korban Penipuan Investasi Kondotel Lapor ke Polda

Pemkot Gandeng Stakeholder, Tingkatkan Investasi di Kota Surabaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber