Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sulit Diakses, Dewan Siapkan Aturan RT untuk Apartemen
Rabu, 24-10-2018 | 17:25 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Berita Video : Sulit Diakses, Dewan Siapkan Aturan RT untuk Apartemen
Surabaya pojokpitu.com, Sulitnya pemerintah maupun aparat mengakses apartemen membuat DPRD Kota Surabaya menyiapkan aturan untuk pembentukan RT (rukun tetangga) di apartemen. Dengan begitu, apapun kegiatan di apartemen bisa terpantau, sebagai upaya meminimalisir adanya tindak kejahatan yang selama ini sering terjadi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan akan membentuk RT di apartemen. Rencana ini bertujuan untuk mempermudah memantau penduduk di apartemen.

Pria yang akrab disapa Anang ini mengatakan, rencana ini sedang digodok bersama DPRD Surabaya dalam rancangan peraturan daerah (raperda) perubahan atas peraturan daerah Kota Surabaya nomor 5 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Anang menjabarkan, jumlah apartemen di Kota Pahlawan cukup banyak. Sekitar 50 buah. "Selama ini kami kesulitan mengakses apartemen, dikarenakan tingkat pengamanan berlapis yang diterapkan, akibatnya aktifitas penghuni apartemen tidak terkontrol," tuturnya.

Sementara itu, anggota panitia khusus (pansus) raperda Vinsensius Awey menambahkan, pansus tidak mau penghuni apartemen mendapat kemudahan khusus. "Bagaimanapun semua sama sebagai warga yang harusnya juga bisa diakses oleh pemerintah maupun aparat keamanan. Pemkot harus selalu melakukan monitoring terhadap penduduk Surabaya, begitu juga yang di apartemen," ungkap Awey.

Awey menegaskan pansus akan memasukan aturan setiap apartemen bisa membuat RT sendiri, memang secara aturan minimal 70 kepala keluarga (KK), tapi untuk kasus tertentu. Aturan itu harapannya bisa memberi kemudahan.(end)

Berita Terkait


Sulit Diakses, Dewan Siapkan Aturan RT untuk Apartemen


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber