Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Sejak musim kemarau tahun ini, panen dari budidaya jamur tiram milik mereka turun drastis hingga 50 persen. Foto: Khusni Mubarok
Dampak Kemarau Panjang, Hasil Panen Jamur Menurun Hingga 50 Persen
Sabtu, 20-10-2018 | 22:20 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Musim kemarau panjang yang melanda Kabupaten Tuban, Jawa Timur, membuat para petani jamur tiram merugi. Kondisi tersebut salah satunya dialami oleh petani jamur di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak.

Sejak musim kemarau tahun ini, panen dari budidaya jamur tiram milik mereka turun drastis hingga 50 persen. Hal ini disebabkan oleh panasnya suhu udara selama musim kemarau.

Petani budidaya jamur, Darmaun, menjelaskan, kondisi itu menyebabkan jamur tiram tidak tumbuh normal, jamur tumbuh kerdil dan bahkan sebagian mati karena suhu yang panas.

"Para petani telah berjuang ekstra dari segi perawatannya, jika suhu normal jamur akan tumbuh dengan daun yang lebar," jelas Darmun.

Akibatnya, hingga panen petani jamur tiram menurun antara 20  hingga 60 persen dibanding kondisi normal. Dari semula panen 35 kilogram perhari, kini maksimal hanya antara 20-10 kilogram setiap harinya.

Hasil panen jamur yang kurang maksimal karena hasilnya kerdil, juga berpengaruh terhadap harga jual. "Jika kondisi normal, perkiklogram dipatok dengan harga Rp 20.000 dan kini hanya laku Rp 18.000 saja," tutur Darmaun.

Agar usahannya gulung tikar pada cuaca ekstrim seperti saat ini, para petani jamur tiram di desa setempat tidak hanya menjual hasil panen mereka berupa jamur mentah.
Namun mengolahnya menjadi aneka camilan. Yaitu kripik jamur, krupuk jamur, petol dan sate jamur.

Selain itu inovasi olahan berbahan utama jamur ini, mereka lakukan juga untuk menyiasati hasil panen melimpah. Karena saat panen melimpah, jamur juga rawan rusak dan busuk. (yos)

Berita Terkait


Panen Jagung Turun 40 Persen Akibat Kekeringan

Kemarau Panjang, Volume Air Waduk Pacal Menipis Tak Mampu Aliri Lahan Pertanian

Dampak Kemarau Produksi Susu Sapi Menurun

Kemarau Panjang, Warga Jombang Kesulitan Air Bersih


Hati-Hati Dampak Kemarau Panjang Bagi Kesehatan

Badai El Nino Mengancam, Para Menteri Rapat Dampak Kemarau

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber