Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tradisi Mandi Kucing, Ritual Petani di Jombang Meminta Hujan
Sabtu, 20-10-2018 | 11:21 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Para petani memiliki tradisi unik dalam meminta turun hujan di musim kemarau, di Dusun Banjarsari Desa Bareng Kecamatan Bareng Jombang, petani setempat berbondong-bondong mendatangi pertigaan lokasi kegiatan ritual minta hujan. Dengan membawa tumpeng hasil bumi, mereka berkumpul untuk menggelar doa bersama.

Selain membawa tumpeng, warga juga membawa seekor kucing yang akan jadi bagian dari ritual. Kucing telon 3 warna ini menjadi ikon rituan yang bernama mandi kucing.

Sebelum ritual mandi kucing, tokoh desa membacakan doa maksud dan tujuannya digelar ritual. Usai doa selesai, kucing yang disiapkan langsung di pegangi secara bersama, tokoh desa memandikan kucing dengan air dawet yang sudah disiapkan.

Subekti, tokoh desa mengatakan, ritual ini sudah jadi warisan leluhur untuk  berdoa minta hujan kepada yang diatas,  pasca dimandikan kucing langsung dilepas.

"Warga berharap kegiatan ini, bisa membantu petani yang sedang membutuhkan air untuk irigasi lahan pertaniannya," ujar Subekti.

Kegiatan ritual mandi kucing ini sudah menjadi tradisi warisan nenek moyang yang selalu dijaga petani di kawasan ini.

Mereka berkeyakinan ritual dan doa yang disampaikan bisa mendatangkan hujan. Apalagi musim kemarau yang terjadi sudah membuat petani ini kebingungan untuk mengairi sawahnya. (yos)

Berita Terkait


Berharap Segera Turun Hujan, Warga Ritual Dengan Cara Menggelar Tari Tarian

Tradisi Mandi Kucing, Ritual Petani di Jombang Meminta Hujan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber