Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penembakan 19 Tahun Lalu Jadi Inspirasi Pelaku Teror Kerch
Jum'at, 19-10-2018 | 23:20 wib
Oleh :
Rusia pojokpitu.com, Investigasi Rusia terhadap aksi teror di Politeknik Kerch, Crimea, berlanjut. Kemarin, Kamis (18/10) pihak berwajib menjelaskan bahwa Vladislav Roslyakov tidak hanya meledakkan bom di kampusnya. Tapi, dia juga memberondongkan peluru dengan membabi buta ke arah teman-temannya.

Russia Today melaporkan bahwa aksi Roslyakov itu sangat mirip dengan teror di SMA Columbine, Negara Bagian Colorado, AS, pada 1999. Terutama, penggunaan bom sebagai pengalih perhatian.

"Pelaku dalam dua peristiwa itu sama-sama menembaki siswa dan guru sebelum bunuh diri." Demikian bunyi laporan media pro pemerintah itu.

Seperti di Negeri Paman Sam, di Rusia pun aksi penembakan di sekolah kerap terjadi. Namun, jarang yang sampai timbul korban jiwa.

Karena itu, drama penyanderaan dan penembakan di Beslan yang merenggut 330 nyawa menjadi salah satu aksi teror Rusia yang mendunia. Demikian juga aksi terbaru di Kerch pada Rabu (17/10).

"Insiden ini tak ada bedanya dengan yang terjadi di Beslan," ujar Direktur Politeknik Kerch Olga Grebennikova.

Dia berharap aparat bisa segera menuntaskan penyelidikan. Sebab, sebelum semuanya terungkap dengan pasti, penghuni kampus akan terus dilanda rasa takut. Lebih-lebih, sekitar 50 korban luka yang sekaligus adalah saksi kejadian.

Penyelidikan awal menyebut Roslyakov terinspirasi aksi penembakan Columbine. Pemuda 18 tahun yang lantas bunuh diri setelah beraksi itu mengantongi izin kepemilikan senjata. Artinya, dia membeli senjata secara legal. Bahkan, dia juga punya izin berburu dari pihak berwenang.

Dokumen-dokumen resmi itu mengindikasikan mental pelaku sehat. Setidaknya, saat dia mengurus izin kepemilikan senjata dan izin berburu itu. Sejauh ini polisi belum bisa mengungkap motivasi pelaku. Hingga kemarin investigasi masih berlangsung. (bil/c10/hep/jpnn/yos)

Berita Terkait


Penembakan 19 Tahun Lalu Jadi Inspirasi Pelaku Teror Kerch

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber