Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Indonesia-Jepang Jalin Kerjasama Penelitian Penemuan Vaksin Tuberkulosis
Senin, 15-10-2018 | 16:54 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Banyaknya penderita penyakit tuberkulosis (TB) menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita TB terbanyak ketiga di dunia. Saat ini FK Unair, bersama RSUD Dr Soetomo bekerjasama dengan National Institute Of Infectious Disease Japan, untuk membuat vaksin tuberkulosis.

Vaksin tuberkulosis ini nantinya diharapkan bisa mencegah penularan penyakit TB yang selama ini sangat mudah ditularkan melalui udara. Vaksin TB yang saat ini dalam tahap penelitian, menggunakan protein rekombinan dari tubuh bakteri penyebab penyakit TB, mycobacterium tuberculosis.

Penelitian tersebut, diantaranya, menghilangkan bagian yang merugikan atau menyebabkan penyakit TB. Diganti dengan mengumpulkan bagian tubuh bakteri yang menguntungkan. Sehingga, terciptalah vaksin yang justru dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia. Vaksin ini nantinya bisa diaplikasikan tidak hanya pada bayi baru lahir, tetapi juga orang dewasa.

"Di Jepang sendiri, penderita TB umumnya didominasi oleh orang tua. Berbeda dengan di Indonesia, kurangnya kebersihan lingkungan menjadi faktor utama persebaran penyakit TB, yang hingga kini menjangkiti lebih dari sepertiga penduduk Indonesia," papar Dr. Manabu Ato, dr. Ph.d, peneliti NIID Japan.

"Penelitian lintas sektor ini belum bisa dipastikan kapan vaksin bisa dihasilkan dan mulai digunakan. Sebab, membutuhkan waktu cukup lama, sekira 10 tahun untuk pengembangan teknik penemuan vaksin tersebut," kata Prof. Dr. Ni Made Mertaniasih, dr, MS, Sp.Mk (K), peneliti FK Unair.(end)

Berita Terkait


Indonesia-Jepang Jalin Kerjasama Penelitian Penemuan Vaksin Tuberkulosis

Vaksinasi MR di Madiun Capai 99,49 Persen Dari Target

Vaksin HPV Gratis untuk Murid SD

Insiden Vaksin Difteri, Forum LSM Lurug DPRD


Cegah Rabies, Puluhan Hewan Peliharaan Divaksin Gratis

Siswi SD Meninggal Dunia Setelah Divaksin Difteri

Insiden Vaksin Difteri, Forum LSM Lurug DPRD

Cegah Virus Penyakit, Ratusan Kadet Disuntik Vaksin
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber