Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Isu Gempa Membanjiri Media Sosial, BMKG Pastikan Tuban Aman
Sabtu, 13-10-2018 | 11:35 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, diminta tak panik dengan beredarnya berita hoaks yang menyebut akan terjadi gempa di bumi wali.

Sebelumnya sempat beredar berita tentang gempa yang melanda Kabupaten Tuban, membanjiri media sosial, mulai dari facebook, instagram hingga whatsapp dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi ini membuat masyarakat resah, khususnya yang berada di daerah pesisir lantaran takut terkena tsunami.

Desindra Deddy Kurniawan, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Tuban, menyatakan hasil dari Pengamatan bahwa Tuban masih aman.

BMKG setempat juga menegaskan, bahwa terakhir kali terjadi gempa di dekat pusat kota tuban adalah pada 25 April 2018 yang lalu, itupun skalanya kecil dan tidak sampai menimbulkan kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

Sementara ditahun 2017 terjadi 2 kali gempa, yakni pada bulan Oktober dan November 2017, itupun gempa berskala kecil atau masyarakat lokal biasa menyebutnya dengan istilah "lindu".

"Gempa dengan skala kecil ini terjadi lantaran Tuban dilintasi oleh sesar rembang, dimana sesar ini memanjang dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah sampai Madura," jelas Desindra Deddy Kurniawan.

Untuk antisipasi, di Kabupaten Tuban dengan jumlah penduduk 1,3 jiwa ada satu sensor gempa bumi yang dipasang di bawah tanah.

"Terpasangnya sensor ini bukan berarti tuban berpotensi gempa, melainkan sebagai upaya mempererat jaringan antisipasi gempa," imbuhnya.

Adanya isu gempa di tuban yang beredar belakangan ini, masyarakat dihimbau jangan panik. Pihak BMKG menghimbau agar masyarakat selalu mengikuti informasi dari BMKG baik di media sosial maupun di website resmi BMKG, karena gempa di seluruh Indonesia akan terupdate dan keluar sebagai antisipatif. (yos)

Berita Terkait


TNI dan Polri Kembali Menambah Personil Bangun Bangunan Rusak Akibat Gempa

Pemulihan Pulau Sapudi Pasca Gempa Dilakukan Secara Bertahap

Aksi Kemanusiaan 10 Ribu Cangkir Kopi Untuk Korban Gempa

Isu Gempa Membanjiri Media Sosial, BMKG Pastikan Tuban Aman


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber