Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Foto Ilustrasi
257 Hektar Lahan Pertanian di Surabaya Mengalami Kekeringan
Jum'at, 12-10-2018 | 19:11 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com, Ratusan hektar lahan pertanian di Kelurahan Made,Kecamatan Sambikerep Surabaya mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan kemarau panjang yang sudah melanda wilayah tersebut selama berbulan bulan.

Seperti hamparan sawah yang kering nan tandus yang ada disekitar kawasan Made Selatan, Kecamatan Sambikerep, Surabaya. Lahan-lahan pertanian ini hampir tak bisa ditanami lantaran musim kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan. 

Bahkan pasokan air dari sungai yang diangkut menggunakan dump truk pun tak sanggup menyirami lahan yang terlalu luas.

Salah satunya Kastimin, salah satu petani di made selatan. Dirinya mengeluh, dirinya cukup merugi besar akibat kekeringan yang melanda lahan pertaniannya itu. "Untuk menyiasatinya, kami sampai menanam tanaman yang tahan dengan cuaca kering, seperti kangkung, labu air hingga kacang koro," kata  Kastimin.

Sementara itu, Karnoto, Ketua Kelompok Tani Sendang Biru mengatakan, kelompok tani yang dipimpinnya beranggotakan 85 petani, dengan luas lahan pertanian yang jika digabungkan menjadi 60 hektar. Itu belum digabung dengan tiga kelompok tani lainnya di wilayah Made yang mencapai 197 hektar. Sehingga jika ditotal, lahan pertanian yang ada di wilayah Made ada 257 hektar.

Para petani mayoritas menanam tomat dan cabai besar. Bahkan nasib Karnoto tak jauh beda dengan Kastimin. Karnoto menghitung, selama musim kemarau panjang ini dirinya mengalami rugi besar. "Saat musim penghujan tiba, mampu menanam sekitar 2.000 pohon cabai, dengan omset mencapai puluhan juta rupiah," kata Karnoto.

Kini, para petani di wilayah made sehari harinya hanya mengolah lahannya dengan teknik blikrah, yaitu mengolah lahan dengan cara mencongkeli tanah agar saat musim hujan tiba, tanah-tanah tersebut sudah siap ditanami tomat atau lombok. (pul)



Berita Terkait


Polsek Sawahan dan Satpol PP Obrak Judi Merpati

257 Hektar Lahan Pertanian di Surabaya Mengalami Kekeringan

Ini Cara Hemat Pemakaian Air yang Dilakukan Petani di Tulungagung

Musim Tanam, Petani Pertahankan Alat Bajak Gunakan Sapi


Satpol PP Probolinggo Merazia 9 PSK Tua di Sawah

Paksakan Diri ke Sawah Saat Sakit, Petani Tewas Mengenaskan

Mayat Perempuan Setengah Telanjang Ditemukan di Sawah

Rebutan Air Sawah, Empat Kelompok Tani Disabet Keris
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber