Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dia adalah Didi Prasetya (35) yang berhasil diamankan anggota Satuan Resort Kriminal Polres Kota Batu. Foto: Rafli Firmansyah
Peras Sejumlah Pejabat, Wartawan Gadungan Ditangkap Polisi
Jum'at, 12-10-2018 | 06:20 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Lantaran memeras sejumlah pejabat pemerintahan di wilayah Jawa Timur, seorang wartawan gadungan asal Kota Blitar terpaksa berurusan dengan polisi. Diduga, tersangka memeras sejumlah pejabat hingga jutaan rupiah.

Dia adalah Didi Prasetya (35) yang berhasil diamankan anggota Satuan Resort Kriminal Polres Kota Batu, karena terbukti melakukan pemerasan terhadap sejumlah pejabat pemerintah di Kota Batu dan sejumlah wilayah di jawa timur.

Penangkapan tersangka berawal dari laporan korban, dari salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Batu yang mengaku pada pihak kepolisian bahwa pihaknya diperas. Bahkan, tersangka juga tak segan memaki-maki korban via sms dari ponsel yang dimiliki tersangka.

Dihadapan petugas, tersangka mengaku sudah melakukan aksi ini di beberapa daerah di jawa timur. Modus pelaku dalam menajalankan aksinya terbilang tak biasa, dengan menghubungi kepala dinas dan meminta sejumlah uang.

Tidak hanya itu, pelaku juga  mengaku bahwa salah satu teman sesama wartawan sedang mengalami sakit keras dan perlu pengobatan.

AKP Anton Widodo, Kasat Reskrim, menjelaskan, dari hasil penyekidikan, tersangka berhasil mengantongi uang mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 10 juta dari beberapa korban yang mayoritas pejabat yang diperas.

"Dari hasil penangkapan pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa kartu tanda penduduk, kartu atm, dan handphone milik tersangka," ujar AKP Anton.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kini tersangka dikenakan pasal 27 ayat 3 undang- undang ri nomer 11 tahun 2008 tentang ite dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. (yos)




Berita Terkait


Peras Sejumlah Pejabat, Wartawan Gadungan Ditangkap Polisi

Wartawan Gadungan Diringkus Buser Satreskrim Polres Malang

Peras Kepala Desa, Wartawan Gadungan Diciduk Polisi

Cari-cari Kasus, LSM dan Wartawan Gadungan Ditangkap


Tiru Dimas Kanjeng, Wartawan Gadungan Tipu Bisa Gandakan Uang

Bebaskan Wartawan Gadungan, Puluhan Wartawan Jember Lurug Mapolsek

Cari-cari Kasus, LSM dan Wartawan Gadungan Ditangkap

Pegawai Diskopperindagpar Diteror Wartawan Gadungan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber