Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

2 pelaku diamankan bersama barang bukti kayu sono keling super berikut 4 motor sebagai alat angkut hasil kayu. Foto: Rizqi Setiawan
Dua Pelaku Illegal Logging Diciduk di Hutan Lindung Perhutani
Jum'at, 12-10-2018 | 05:11 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Petugas gabungan berhasil mengungkap kasus pembalakan liar atau illegal logging di Hutan Lindung Pegunungan Argopuro Bondowoso. 2 pelaku diamankan bersama barang bukti kayu sono keling super berikut 4 motor sebagai alat angkut hasil kayu.

Mereka adalah Hadi warga Desa Penanggungan Kecamatan Maesan dan Abdul Azis warga Desa Sukosari Kecamatan Tamanan, keduanya telah diamankan di mapolsek grujugan. Sedangkan 2 tersangka lain yang identitasnya sudah di kantongi petugas, saat ini dalam proses pengejaran.

Kronologis penangkapan berawal dari kegiatan penebangan liar oleh keempat pelaku, di petak 29g blok Andung Desa Sumber Pandan Kecamatan Grujugan. Namun saat dilakukan penangkapan 2 pelaku berhasil kabur.

Dari illegal logging yang dilakukan, petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Diantaranya 8 gelondong kayu sono keling kualitas super, berbagai alat untuk pemotong kayu, serta 4 buah motor yang digunakan sebagai sarana pengangkut hasil kayu.

Iptu Iswahyudi, Kapolsek Grujugan, mengatakan, dalam melancarkan aksinya, pelaku melakukan proses penebangan pada dini hari, setelah tumbang kayu kemudian ditinggalkan.

Selanjutnya para pelaku kembali pada sore atau malam hari untuk mengangkut kayu. "Berdasarkan pengakuan tersangka Hadi, komplotan illegal logging telah beraksi sebanyak 7 kali di lokasi hutan lindung perhutani Kecamatan Grujugan," kata Iptu Iswahyudi.

Akibat perbuatannya kerugian perhutani ditaksir mencapai Rp 15 juta, para tersangka dijerat pasal 82 ayat 1 undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

Dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun atau denda maksimal Rp 500 juta. (yos)

Berita Terkait


Dua Pelaku Illegal Logging Diciduk di Hutan Lindung Perhutani

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua