Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

BMKG Stageof Tretes Menilai Gempa Situbondo Adalah Flores Back Arch Thrust
Kamis, 11-10-2018 | 16:47 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stageof Tretes Pasuruan, menjelaskan, hingga Kamis (11/10) siang mencatat sudah terjadi gempa susulan sebanyak 19 kali didasar laut.

Data ini akan trus bertambah hingga kamis dini hari nanti, BMKG Stageof Tretes Pasuruan menghibau, warga jawa timur tetap tenang karena gempa bumi di Situbondo tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi yang terjadi pada kamis dini hari, dengan kekuatan 6,4 SR yang terjadi di 61 kilometer Timur Laut  Situbondo Jawa Timur, dilakukan pematauan khusus oleh BMKG Stageof Tretes, agar pemberitaan di media sosial tidak mejadi liar.

Dari data  BMKG Stageof yang khusus memapatu pergerakan perut bumi, mulai Kamis pagi hingga siang sudah terjadi gempa bumi susulan di dasar laut situbondo sebanyak 19 kali, dengan rata  2,7  sampai  3,6 slaliter dikedalaman 10 km laut.

Suwardi, Kepala BMKG Stageof  Tretes, mengatakan, terjadinya  gempa pada kamis dini hari tadi merupakan bagian dari fenomena alam.

"Jawa Timur khususnya diwilayah pessisir  dilewati titik pergerakan bumi  dizona sesar aktif, yang  berada di sebelah utara Pulau Flores," ujar Suwardi.

Ia menambahkan, sesar bumi mengalami  masa perpajangan, flores back arch thrust atau  sesar lepengan  bumi dalam perut bumi naik ke dasar di Kepulauan Flores.

"Akibat dari sesar naik dibelakang busur inilah, menyebabkan gempa bumi salah satunya terjadi di Situbondo pada kamis dini hari tadi dengan 6,4 skala richter," ujar Suwardi.

Semnetara itu, untuk gelomang laut  paska terjadinya gempa di Situbondo, BMKG mematau  tinggi gelombang air laut  terpantau masih kondusif dengan ketinggian gelombang mencapai 2 meter. (yos)

Berita Terkait


TNI dan Polri Kembali Menambah Personil Bangun Bangunan Rusak Akibat Gempa

Pemulihan Pulau Sapudi Pasca Gempa Dilakukan Secara Bertahap

Aksi Kemanusiaan 10 Ribu Cangkir Kopi Untuk Korban Gempa

Isu Gempa Membanjiri Media Sosial, BMKG Pastikan Tuban Aman

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber