Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Potensi Anak Cerebral Palsy
Kamis, 11-10-2018 | 16:26 wib
Oleh : Nova Sari, Agasi Lasura
Surabaya pojokpitu.com, Sejumlah anak cerebal palsy, unjuk kemampuan dalam peringatan cerebal palsy day. Salah satunya tampil menyanyi, merekapun mempunyai potensi di bidang musik dibalik disabilitas fisik mereka.

Suasana riuh memenuhi ballroom, salah satu hotel di Surabaya, Kamis (11/10( pagi. Sejumlah anak-anak cerebal palsy bersama orang tua mereka, hadir dalam acara peringatan cerebal palsy day, yang jatuh pada 6 Oktober lalu.

Tak sekedar kegiatan berkumpul semata, mererka juga diajak berkreasi membuat kue. Selain itu, para orang tua juga diberi bekal pengetahuan, bagaimana merawat anak-anak disabilitas yang mengalami cerebal palsy ini melalui seminar pentingnya stimulasi dan pendidikan bagi anak cerebal palsy.

Sebelum seminar, sejumlah anak cerebal palsy dan anak-anak penyandang tuna netra dari YPAB unjuk penampilan dengan bermain musik angklung
 
Meskipun mengalami disabilitas, anak-anak cerebal palsy ini pun bisa menyanyi. Keterbatasan fisik yang mereka alami tak mengendurkan semangat mereka.
 
Menurut Diah Anggraeny, dari Yayasan Peduli Cerebral Palsy, kegiatan ini untuk memberikan semangat, dan motivasi kepada orangtua dan anak-anak, bahwa mereka pun mempunyai potensi di bidang musik.

"Karena masih ada orang tua yang menyembunyikan anak-anak mereka, karena malu dengan disabilitas yang ada," ujar Diah Anggraeny.
 
Angka kejadian untuk anak menderita cerebal palsy di kota besar, seperti Surabaya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi cerebral palsy.

Salah satunya karena pada saat kehamilan, ibu terinfeksi virus, kurangnya asupan oksigen ke otak akibat persalinan sulit dan sebagainya.
 
Anak-anak cerebral palsy ini dan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya, diberi ruang dalam pembelajaran oleh pemerintah kota surabaya.

Menurut Iis Hendro Gunawan, Ketua Dharma Wanita Kota Surabaya, Pemkot Surabaya telah menyediakan sejumlah rumah singgah bagi anak-anak disabilitas.

Selain itu, secara berkala diadakan kegiatan dan pelatihan bagi orang tua yang anaknya penyandang disabilitas. "Tujuannya agar mereka tidak malu dengan kondisi anak mereka dan bisa menggali potensi mereka," ujar Iis Hendro Gunawan.
 
Iis berharap anak-anak cerebral palsy bisa mempunyai prestasi, disela kekurangan mereka. Orang tua bisa tanggap dalam penanganan anak-anak mereka. (yos)

Berita Terkait


Potensi Anak Cerebral Palsy

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber