Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Empat Anggota DPRD Kota Malang Akui Terima Uang Gratifikasi
Rabu, 10-10-2018 | 19:00 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Sidang lanjutan kasus gratifikasi Rp 700 juta dengan terdakwa 18 anggota DPRD Kota Malang kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juanda, Rabu sore tadi. Dalam persidangan kali ini, empat anggota DPRD Malang yang menjadi terdakwa dihadirkan sebagai saksi, dan mengakui telah menerima uang gratifikasi.

Empat terdakwa yang dihadirkan sebagai saksi antara lain Mohan Katelu, Ketua Fraksi PAN, Slamet Ketua Fraksi Gerindra, Wiwik Hendri Astuti dan Zainudin. Keduanya Wakil Pimpinan DPRD Kota Malang. Selain itu, Jaksa KPK juga menghadirkan Priyatmoko Oetomo, anggota Dewan dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang lolos dari jerat hukum.
 
Keterangan Priyatmoko diharapkan dapat membongkar aliran dana gratifikasi dari Walikota Malang non aktif, M. Anton kepada anggota DPRD Malang. Namun, dalam persidangan, Priyatmoko Oetomo justru berkelit dan berusaha terlihat sakit. Padahal Priyatmoko ini ikut memberikan dana pokok pikiran, pikir kepada Mohan, Zainudin dan Slamet.  
 
Meski tak mendapatkan keterangan dari Priyatmoko, namun jaksa KPK mengaku lega lantaran empat terdakwa mengakui mendapatkan dana pokok pikiran dari Priyatmoko dan Bendahara PDI Perjuangan. Salah satunya, Mohan Katelu yang mengaku mendapatkan dana Rp 100 juta.   

Dalam dugaan kasus gratifikasi senilai Ro 700 juta yang diberikan Walikota Malang non aktif M. Anton kepada puluhan anggota DPRD kota Malang terkait dana pokok pikiran sampah dan persetujuan perubahan APBD Kota Malang anggaran 2015.

Selain menyeret 18 anggota DPRD kota yang kini sedang menjalani proses sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, KPK beberapa waktu lalu juga kembali menangkap 22 anggota DPRD Kota Malang lainnya karena diduga ikut menerima uang gratifikasi tersebut .(end)




Berita Terkait


Empat Anggota DPRD Kota Malang Akui Terima Uang Gratifikasi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber