Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ketiadaan tanggul membuat ombak terus menerus akan menerjang rumah, sehingga membahayakan keselamatan para penghuni. Foto Mubarok
Sejumlah Rumah Pinggir Pantai Tuban Rusak Terkena Abrasi
Rabu, 10-10-2018 | 13:17 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sejumlah bangunan rumah di pesisir utara Kabupaten Tuban, rusak diterjang abrasi. Derasnya gelombang laut pasang menyebabkan pondasi dan tembok hancur, sehingga membahayakan penghuni.

Salah satu rumah itu milik keluarga Sodikun di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Derasnya gempuran ombak sepekan terakhir menyebabkan separoh bangunan berdinding tembok ini ambruk rata dengan tanah.

Rumah Sodikun merupakan salahsatu yang terparah. Terjangan gelombang laut pasang juga merusak sejumlah bangunan rumah warga, yang berbatasan langsung dengan bibir pantai. Bahkan ancaman gelombang pasang ini membuat warga trauma, sehingga merasa takut saat air pasang pada malam hari.

Menurut Sodikun pemilik rumah, meskipun nyawa menjadi taruhan, tetap memilih bertahan tinggal di rumah. Sambil berharap pemerintah segera membangun tanggul penahan ombak, agar kerusakan rumah-rumah yang terkena abrasi tidak semakin parah dan bertambah banyak.

"Untuk mengurangi resiko, warga membangun tanggul darurat dari karung berisi pasir dan rangkaian bambu. Proses pembangunan dilakukan warga secara swadaya, dengan biaya patungan," kata Sodikun. (pul)

Berita Terkait


Abrasi Pantai Selatan Lumajang Gerus Lahan Warga

Pemerintah Siap Tangani Dampak Abrasi Lumajang

Pemukiman Warga Lumajang Rusak Kena Abrasi

Puluhan Rumah Rusak Dihantam Ombak Besar


Sejumlah Rumah Pinggir Pantai Tuban Rusak Terkena Abrasi

Banjir Rob Akibatkan Abrasi Rumah Warga Rusak

Pohon Bakau dan Cemara Roboh Tergerus Abrasi

Hampir 1 Tahun Rusak, Abrasi Belum Diperbaiki

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber