Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Inilah Tersangka Sindikat Penjualan Bayi Lewat Instagram
Selasa, 09-10-2018 | 14:56 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Upaya Satreskrim Polrestabes Surabaya membongkar sindikat penjualan bayi melalui akun Instagram berkedok konsultasi anak, akhirnya membuahkan hasil. Tim Cyber Unit Jatanras menangkap 4 orang, terdiri pemilik akun, bidan, ibu bayi dan pembeli bayi.

Keempat tersangka yang ditangkap ini antara lain Althon Phrinandita Prianto, warga Sawunggaling Sidoarjo, yang merupakan pemilik akun. Ketut Sukowati, bidan asal Badung Bali, Ni Nyoman Sirait, pembeli bayi asal Badung Bali dan Larissa Anggraeni alias Ica ibu kandung bayi, yang tinggal di Bulak Rukem Surabaya.

Sindikat ini menjual bayi melalui akun Instagram bernama Konsultasi Hati Privat. Berkedok  menawarkan jasa konsultasi kehamilan dan menawarkan adopsi bayi. Sebagian besar bayi yang dijual melalui akun ini merupakan terlahir tidak dikehendaki ibunya.

Menurut AKBP Sudamiran Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, keberhasilan membongkar sindikat ini setelah polisi mengetahui Larissa  warga Bulak Rukem Surabaya hendak menjual anaknya dengan harga Rp 20 juta. Polisi bergerak cepat dan berhasil menangkap empat orang, yang terdiri pemilik akun, bidan, ibu bayi dan pembeli bayi.

Sementara itu Larissa Anggraeni ibu kandung bayi menangis saat dibantar petugas. Perempuan berusia 22 tahun ini mengaku terpaksa menjual anaknya yang masih berusia 11 bulan, lantaran hasil pernikahan siri. "Dari Rp 20 juta, saya mendapatkan Rp 15 juta, sementara sisa Rp 5 juta komisi untuk pemilik akun dan bidan," kata Ica.

Dalam pemeriksaan awal, tersangka Althon mengaku sudah beroperasi selama satu tahun dan baru menjual dua bayi. Namun, pengakuan Althon ini belum dipercaya polisi, lantaran diduga sudah puluhan bayi yang dijual melalui akun konsultasi hati privat ini. (pul)

Berita Terkait


Inilah Tersangka Sindikat Penjualan Bayi Lewat Instagram

Satreskrim Polrestabes Berhasil Ungkap Pemilik Akun Penjual Bayi Di Instagram

Keluarga Bantah Tak Sanggup Hidupi Anak Yang Dijual Ibu Kandung

Ibu Jual Bayi Kandung Lewat Medsos Seharga Rp 5 Juta

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber