Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga terpaksa mendatangi sumur mbah gesing, sebuah sumur tua berusia puluhan tahun di hutan tersebut, karena sumber air lainnya di sekitar desa mereka telah lama kering. Foto: Khusni Mubarok
Sebanyak 43 Desa di Tuban Kekeringan
Selasa, 09-10-2018 | 12:21 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Bencana kekeringan akibat dampak musim kemarau panjang, memaksa sejumlah warga diharus rela menempuh jarak hingga 2 kilo meter kedalam hutan, demi mendapatkan air bersih.

Salah satunya dialami warga Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Sejak datangnya musim kemarau, warga setempat kesulitan air bersih.

Dengan berjalan kaki dan bersepeda motor, warga harus rela menyusuri kawasan hutan sigagak demi beberapa gerigen air.

Warga terpaksa mendatangi sumur mbah gesing, sebuah sumur tua berusia puluhan tahun di hutan tersebut, karena sumber air lainnya di sekitar desa mereka telah lama kering.

Selain jarak sumur yang jauh, sumber air dari dalam sumur yang mulai habis membuat warga hanya dapat mengambil air secara terbatas.

Bahkan untuk menimba air dari sumur tersebut, warga juga harus menunggu air sumur terkumpul terlebih dahulu baru dapat ditimba.

Sejumlah warga menuturkan kesulitan air sudah dirasakan sejak 3 bulan terakhir, untuk mencukupi kebutuhan minum, memasak, mencuci, dan mandi.

Zaenal, warga, mengaku, harus mengambil air dari sumur ini, setidaknya 2 kali dalam sehari, pada sore dan pagi hari. Warga rela menempuh jarak yang lumayan jauh, daripada harus membeli air dari pedagang yang harganya relatif lebih mahal, "Selain itu air dari pam desa juga sudah kecil dan nyaris tidak keluar air," ujar Zaenal.

Arifin, warga lainnya, berharap pemerintah membantu kesulitan warga. "Droping air bersih secara merata perlu dilakukan, agar lebih meringankan beban warga," ujar Arifin.

Data dari BPBD Tuban, kekeringan di tuban TERUS meluas dan kini melanda 43 desa di 10 kecamatan. BPBD tiap hari melakukan droping air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan, namun karena keterbatasan armada droping air bersih belum dapat maksimal. (yos)

Berita Terkait


Musim Kemarau, Polres Tulungagung Distribusikan Puluhan Ribu Air Bersih

Kekeringan, Warga Mengantri Pembagian Air Bersih

Kekerigan Meluas, 5.000 Warga Krisis Air Bersih

Ratusan Warga Ponorogo Kesulitan Air Bersih


Jumlah Desa Terdampak Kekeringan di Pacitan Kian Meluas

Dampak Kekeringan Alisan Sungai Sampang Mati

Hasil Penen Kacang Rusak Dampak Kekeringan

Warga Terdampak Kekeringan Berebut Suplay Air Bersih BPBD
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber