Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Buah Bit Jadi Bahan Pembuat Gel Tabir Surya
Selasa, 09-10-2018 | 09:13 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Mahasiswa salah satu kampus di Surabaya berhasil membuat gel tabir surya atau sunscreen yang terbuat dari bahan buah bit merah. Kandungan buah bit merah yang kaya akan antioksidan dipercaya mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet.

Gel tabir surya berbahan buah dengan nama latin Beta Vulgaris ini diciptakan oleh Maria Gracela, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. "Selama ini buah bit kerap digunakan untuk kesehatan dan pewarna kosmetik. Sedangkan untuk produk perawatan kulit belum pernah ada. Padahal, buah bit memiliki manfaat dan daya jual yang tinggi," kata Maria Gracela.

Berdasarkan hasil penelitian, per 100 gram umbi bit merah mengandung senyawa betalain cukup tinggi, yakni 127,7 miligram. Senyawa tersebut mampu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

"Cara pembuatan sunscreen cukup mudah. Hanya membutuhkan ekstrak umbi bit merah, pengental, humektan, agen anti air, dan pengawet," urainya.

Gel sengaja dipilih oleh Maria karena memiliki karakteristik yang mudah diserap kulit dan dingin saat diaplikasikan. Maria menyebut, melalui uji ph, viskositas, homogenitas, daya sebar, daya lekat, dan iritasi, produk dengan label beeta beauty ini telah dinyatakan memenuhi standar keamanan untuk digunakan langsung pada kulit.(end)

Berita Terkait


Buah Bit Jadi Bahan Pembuat Gel Tabir Surya

Wisata Petik Buah Juwet Khusus Musim Kemarau

Melimpah, Warga Jombang Olah Salak Menjadi Minuman

Uniknya Fruit Carving, Seni Mengukir Buah


Diduga Korsleting Listrik, Sebuah Bioskop Mini Terbakar

Wow..Kuliner Dari Banyuwangi, Jus Buah Pinang

Nikmatnya Menu Botok, Tumisan dan Sambalan Dari Buah Nangka

Pencuri Disebuah Toko Tertangkap Saat Sembunyi Dibawah Pohon Tembakau
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber