Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

stok beras di gudang bulog kediri masih melimpah. Foto: Muhammad Zainurofi
Musim Kemarau, Stok Beras Bulog Aman
Senin, 08-10-2018 | 22:14 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Musim kemarau saat ini tidak begitu mempengaruhi penyerapan beras di Bulog Sub Drive Kediri, hal ini terbukti stok beras di gudang bulog kediri masih melimpah. Bahkan bulog memperkirakan, stok saat ini masih cukup hingga pertengahan tahun depan.

Meski sempat turun hujan belakangan ini, seolah masih terhenti dan belum berlanjut sampai sekarang. Praktis, masyarakat menganggap pada bulan-bulan ini musim kemarau masih terjadi.

Kondisi ini biasanya akan mempengaruhi masa panen para petani di Pedesaan. Meskipun demikian, bulog sebagai sebagai salah satu lembaga ketahanan pengan menyatakan stok beras masih aman.

Bahkan bulog mengungkapkan, minimnya serapan belakangan ini tidak berakibat fatal bagi stok yang ada. Kepala Bulog Subdivre Kediri Defrizal, mengatakan, dari 4 gudang yang dimiliki yakni gudang Paron, Banyakan, Candirejo dan Kedodong saat ini masih tersedia 13 ribu ton.

Dengan jumlah tersebut apabila untuk kebutuhan bansos rastra, dengan asumsi kebutuhan sebanyak 2 ton untuk tiga wilayah, meliputi Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk maka cukup untuk 6 bulan kedepan. "Apalagi dibeberapa daerah kini sudah menerapkan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT)," ujar Defrizal.

Lebih lanjut menurut Defrizal, dengan banyaknya stok tersebut hal itu bisa digunakan untuk mengantisipasi kenaikan beras dengan cara menggelontorkan beras medium kepasaran.

Disisi lain, penyerapan beras di Subdrive Bulog Kediri sudah mencapai hampir 80 persen lebih. Di tingkat Jawa Timur, Kediri masuk peringkat 3.

Untuk cuaca memang ada pengaruh penyerapan yang biasanya 1 hari bisa menyerap 150 ton, saat ini hanya bisa menyerap sekitar 60 sampai 100 ton.

"Meskipun begitu, kita tetap optimis kedepan bisa memenuhi target, mengingat masih ada peluang untuk melakukan penyerapan," imbuh Defrizal. (yos)


Berita Terkait


Stok Beras Aman Harga Stabil di Musim Kemarau

Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Stok Beras Aman Jawa Timur Hingga Akhir Tahun

Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan


Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan

Stok Beras di Gudang Bulog Ponorogo Aman 3 Bulan ke Depan

Musim Kemarau, Stok Beras Bulog Aman

Stok Beras Habis, Ratusan Warga Penerima BPNT Keleleran

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber