Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kirab Pusaka Berbek, Sebagai Cikal Bakal Kabupaten Nganjuk
Senin, 08-10-2018 | 05:09 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Tiga pusaka dan 5 payung mutho, sebagai simbul Kecamatan Berbek, yang sebelumnya menjadi kabupaten pertama di Nganjuk, dikirab dan dijamas.

Prosesi kirab pusaka diawali dari Alun Alun Berbek berkeliling berjalan kaki serta sesepuh menaiki kereta kuda. Semuanya rata rata menggunalan pakaian adat jawa lengkap.

Dalam kirab tersebut juga ada putri yang membawa tujuh kendogo, tempat air, yang diambil dari tujuh mata air di Berbek, yang sudah di tambah air kelapa muda. Nantinya akan digunakan sebagai air jamasan pusaka.

Tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun, guna, melestarikan budaya dan sebagai pengingat bahwa Berbek. Sebelumnya adalah Kabupaten Nganjuk pertama sebelum diboyong ke Kota Nganjuk, yang kala itu dipimpin Adipati Sosro Kusumo.

Selain mengirab pusaka, perwakilan dari masing masing desa juga membawa tumpeng raksasa yang juga ikut dalam kirab. Paling menarik usai dikirab, warga langsung berebut tumpeng yang di pikul 4 pemuda. Hal ini diyakini akan membawa berkah bagi warga yang mendapatkan makanan.

Usai dikirap 7 air sumur, dituang di dalam sebuah tempat, dan langsung digunakan untuk menjamas pusaka. makna dari 7 sumber mata air, adalah Berbek sampai kapanpun tidak akan kekurangan air.

Sementara Winarto, panitia kirab mengatakan, kirab ini akan terus dilakukan untuk melestarikan budaya yang adhi luhung. "Supaya para pemuda tidak mudah melupakan tradisi ini," kata Winarto.(pul)

Berita Terkait


Kirab Budaya Dewi Sekar Tanjung Dengan Mengarak Ribuan Takir

Hut ke193, Klenteng Eng An Kiong Gelar Kirab Budaya

Kirab Pusaka Berbek, Sebagai Cikal Bakal Kabupaten Nganjuk

Ribuan Warga Surabaya Berebut Gunungan Buah Saat Sedekah Bumi


Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Malang Besar-Besaran

Ratusan Klenteng se Indonesia Ikut Kirab Budaya

Ratusan Warga Kirab Bendera Raksasa, Serukan Pilpres Damai

Meski Rute Pendek, Penonton Antusias Saksikan Kirab Pawai Budaya di Probolinggo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber