Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Para pemilik hewan peliharaan ini, diberi pelayanan konsultasi dan injeksi vitamin serta obat cacing. Foto Yus
Hari Rabies Sedunia, Puluhan Kucing dan Anjing Divaksin
Senin, 08-10-2018 | 00:13 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Peringati hari rabies sedunia, pusat Veteriner Farma, Pusvetma, menggelar Pet Care Day. Acara yang digelar di Graha Vetma Komplek Pusvetma ini, dihadiri oleh puluhan warga dan komunitas pecinta kucing dan anjing.

Selain memperingati hari rabies, Pet Care Day untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyakit yang cukup mengkhawatirkan ini.
 
Bertajuk hari peduli hewan piaraan, diisi dengan pemeriksaan atau konsultasi kesehatan dan pemberian vitamin serta obat cacing secara umum dan gratis.
 
Acara yang dimulai minggu, pukul 08.00 wib ini diikuti oleh puluhan pemilik dan komunitas pecinta kucing dan anjing. Puluhan kucing piaraan mulai jenis persia, anggora, maine coone, campuran, hingga domestik, diberikan pemeriksaan dan pemberian vitamin serta obat cacing.
 
Tak hanya kucing, sejumlah pemilik dan pecinta anjing dari jenis domestik atau kampung hingga ras, dibawa untuk menjalani pemeriksaan dan injeksi vaksin rabies. Meskipun Surabaya dinyatakan bebas rabies, namun keberadaan penyakit ini harus tetap diwaspadai.
 
Di Indonesia, rabies hewan ditemukan sejak tahun 1884, dan kasus pada manusia pertama kali ditemukan pada tahun 1894 di Jawa Barat. Bahkan di tahun 2012, kasus rabies menyebar di 24 provinsi di Indonesia.
 
"Saat ini, hanya 9 provinsi yang masih dinyatakan sebagai daerah bebas yaitu Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Papua dan Papua Barat," kata drh Ina Nurani salah satu dokter hewan.
 
Acara Pet Care Day sebagai peringatan hari rabies yang jatuh pada 28 September, diharapkan terlaksana secara rutin setiap tahun. Upaya ini jugab diharapkan mampu menjadi kontrol atau pengawasan terhadap penyakit rabies yang bisa muncul tanpa disangka-sangka. (pul)

Berita Terkait


Hari Rabies Sedunia, Puluhan Kucing dan Anjing Divaksin

Penghasilan Rumah Penitipan Kucing Meningkat Selama Libur Lebaran

Hindari Kucing, Taksi Prima Nyungsep Masuk Parit

Kucing Lokal Asli Sumenep Go Internasional


Lomba Lari untuk Kucing, Latih Kekuatan Fisik Kelas Premium

Hendak Tangkap Kucing di Jalan, Dua Pemuda Babak Belur Dihajar Massa

Dikira Kucing, Warga Pujon Temukan Bayi Perempuan

Dihadang Gelombang Tinggi, Dua Kapal Tujuan Bawean Balik Kucing
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber