Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sambut Musim Penghujan, Warga Gelar Kerapan Marmut
Jum'at, 05-10-2018 | 20:06 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ada banyak cara untuk menyambut musim penghujan, sekaligus melampiaskan hobby. Salah satunya, yaitu mengikuti lomba kerapan atau balap marmut. Adapun pemenang lomba berhak mendapatkan kambing yang sudah disediakan panitia.

Lomba kerapan marmut diselenggarakan warga di Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Probolinggo. Trek lurus dengan panjang sekitar 50 meter disiapkan sebagai lintasannya, sementara bagian pinggir dibatasi anyaman bambu setinggi betis orang dewasa.

Sebelum mengikuti lomba, marmut-marmut ini diterapi oleh pemiliknya. Hewan sejenis tikus ini dipijat pada bagian ke 4 kakinya.

Tidak puas sekedar terapi fisik, beberapa joki mengaku memberikan asupan tenaga dalam berupa jampi-jampi ke marmut yang akan di ikutkan lomba.

Akhirnya lomba kerapan marmut siap dimulai. Dua pasang marmut dan jokinya adu cepat, hingga menginjak garis finish dengan menempuh lintasan 50 meter.

Bahkan tak jarang ada marmut yang melaju duluan sebelum bendera start diangkat, dan ada juga marmut yang berhenti di tengah lintasan sebelum mencapai garis finish.

Doni Afandi salah satu peserta ini misalnya. Marmut miliknya sering menjadi juara dan saat ini sudah ditawar dengan harga mencapai Rp 500 ribu. Padahal marmut dipasaran harganya sekitar Rp 10 ribu saja.

Lomba balap marmut ini diselenggrakan warga yang hobby marmut. Namun hobby ini selanjutnya menjadi tradisi lokal khas probolinggo.

Dalam perkembangannya, tradisi balap marmut ini di agendakan ketika menyambut musim penghujan tiba. Bahkan animo warga sangat tinggi dengan adu kerap marmut ini. Buktinya para peserta tidak hanya berasal dari daerah lokal Probolinggo, bahkan ada yang dari Lumajang dan Jember. (pul)



Berita Terkait


Sambut Musim Penghujan, Warga Gelar Kerapan Marmut


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber