Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

KPU Tulungagung Lakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih Pada Pemilu 2019
Selasa, 02-10-2018 | 20:30 wib
Oleh : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Menindaklanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang menyatakan terdapat 140 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda dan data invalid serta pemilih telah meninggal dunia sebanyak 754. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Jawa Timur, meluncurkan gerakan melindungi hak pilih di pemilu 2019.

Melalui gerakan ini, KPU akan melakukan pencermatan DPT kembali termasuk mencermati data atau nomor induk kependudukan invalid, serta pemilih yang belum memenuhi syarat.
 
Jumlah DPT hasil perbaikan untuk pemilu 2019 di Tulungagung saat ini tercatat sebanyak 856.153 jiwa. Dengan gerakan melindungi hak pilih ini, jumlah DPT tersebut akan terus diperbaiki. Perbaikan DPT tahap 2 sendiri akan terus dilakukan sampai dengan tanggal 28 Oktober mendatang.
 
Suprihno, Ketua KPU Tulungagung, mengatakan, selain mencermati data DPT invalid maupun ganda, pihak KPU juga akan mencermati pemilih pemula untuk dimasukkan dalam DPT.

"Berdasar data yang dimiliki KPU, di Tulungagung saat ini terdapat sebanyak 12 ribu pemilih pemula. Dimana sebagian dari pemilih pemula tersebut belum melakukan perekaman KTP elektronik," jelas Siprinho.
 
Pemungutan suara untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Diharapkan, bagi mereka yang sebelum hari pemungutan suara telah berusia 17 tahun, untuk segera melakukan perekaman E KTP, sebagai syarat untuk bisa terdaftar dalam DPT. (yos)
 



Berita Terkait


KPU Melakukan Rekapitulasi DPT di Jatim Berjumlah 31 Juta

Jumlah DPT HP 2 KPU Kota Pasuruan Meningkat Sebanyak 3.478 Pemilih

KPU Magetan Terima 12 Ribu Kotak Suara Kardus

Pleno DPT HP 2, Ada Tambahan 264 Pemilih


KPU Madiun Berikan Kursus Kepemiluan Bagi 81 Warga

Tekan Golput, KPU Jombang Dekati Disabilitas

Gelar Pertemuan Dengan Jurnalis, KPU Berharap Media Ikut Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019

Berbahan Kardus, KPU Yakin Kotak Suara Aman
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber