Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kadin Surabaya : Pengaruh Rupiah Melemah di Surabaya Tidak Terlalu Signifikan
Selasa, 02-10-2018 | 18:11 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Melemahnya nilai rupiah cukup mempengaruhi perekonomian di Surabaya, meski tidak terlalu signifikan. Kamar Dagang dan Indstri (Kadin) Surabaya berharap pemerintah tidak hanya mengeluarkan kebijakan moneter, namun kebijakan yang mengatur impor.

Nilai rupiah yang terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat dan bahkan menyentuh level Rp 15 ribu. Di Surabaya sendiri cukup terpengaruh dengan melemahnya rupiah, namun tidak terlalu signifikan.

Ini karena menurut Jamhadi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, dari persentase jumlah pengusaha yang ada di Surabaya yang mengimpor bahan untuk produksinya hanya 0,24 persen. Sisanya hanya di level mikro, kecil, menengah 97 persen dan level besar 2,4 persen.

Dari 0,24 persen itu, kebanyakan bergerak di bidang teknologi informasi, mesin, transport , perlistrikan, kapal dan spare part mesin. Jamhadi menjelaskan, sektor itulah yang sangat terdampak nilai tukar, karena harus mendatangkan barang dari luar negeri.

"Apalagi industri pengolahan , transportasi dan teknologi ikut memberikan andil dalam nilai PDRB Kota Surabaya yang mencapai Rp 400 triliun," kata Jamhadi, Ketua Kadin Surabaya.

Kadin berharap, dalam mengatasi persoalan melemahnya nilai rupiah ini, pemerintah tak hanya mengatasinya melalui kebijakan moneter, namun juga harus mengeluarkan kebijakan yang mengatur barang impor, khususnya barang impor untuk industri.(end)

Berita Terkait


Kadin Surabaya : Pengaruh Rupiah Melemah di Surabaya Tidak Terlalu Signifikan


Rupiah Melemah Membuat Pengusaha Logam Terancam

Toyota Masih Tahan Harga Suku Cadang Kendati Rupiah Melemah

Rupiah Melemah, Produsen Tahu di Tuban Terancam Gulung Tikar

Rupiah Melemah, Harga Barang Elektronik Naik 3 Persen Hingga 4 Persen

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber