Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Mengenang Sejarah Pahit Keganasan PKI di Madiun
Senin, 01-10-2018 | 16:33 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di negeri ini, tak lepas dari Peristiwa Madiun. Saat itu, Muso seorang tokoh PKI, yang didukung Menteri Pertahanan saat itu, Amir Sjarifuddin, 18 September 1948, memproklamirkan Negara Soviet Republik Indonesia. Akibat peristiwa ini, ribuan warga Madiun tewas akibat dibantai dan mayatnya dibuang di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Untuk mengenang keganasan PKI, sejumlah pejabat di daerah Kabupaten Madiun menggelar upacara kesaktian Pancasila di  Monumen Kresek, yang berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madiun, anggota TNI Polri, ormas, tokoh agama dan pelajar menggelar upacara di halaman Monumen Kresek. Usai upacara berlangsung, mereka melihat miniatur relief perjalanan sejarah keganasan PKI, mereka juga mendapat penjelasan dari ahli sejarah tentang keganasan PKI Madiun 1948.

Disebutkan pada era orde lama, kejadian tahun 1948 tersebut dinamakan Peristiwa Madiun atau Madiun Affairs. "Saat itu, telah terjadi penculikan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Madiun. Baik tokoh sipil, militer, masyarakat, dan agama. Mereka ditawan dan dibawa ke atas bukit Desa Kresek untuk dibunuh. Sementara mayatnya, ditumpuk dan dibuang di sebuah lubang," kata Ahmad Dawami , Bupati Madiun.

Sementara kekuatan pasukan pendukung Musso, kocar kacir setelah digempur dari 2 arah. Dari barat oleh pasukan Divisi II di bawah pimpinan Kolonel Gatot Subroto, serta pasukan dari Divisi Siliwangi. Sedangkan dari timur diserang oleh pasukan dari Divisi I di bawah pimpinan Kolonel Sungkono dan pasukan mobiele brigade besar Jawa Timur, di bawah pimpinan M Yasin. Muso sendiri, akhirnya ditangkap dan ditembak mati di Ponorogo.(end)

Berita Terkait


Mengenang Sejarah Pahit Keganasan PKI di Madiun

Sepertinya, Pak Kivlan Baper Soal Isu PKI Bangkit Lagi

Ribuan Warga Muhammadyah Nobar Film G30S/PKI

Upacara Kesaktian Pancasila Mengenang Keganasan PKI di Madiun


Nobar G30S/PKI, Pangdam V/Brawijaya Ingatkan Masyarakat Bahaya Laten

Isu PKI Bangkit Dijadikan Kayu Bakar Jelang Tahun Politik

Monumen Kresek, Sejarah Pemberontakan PKI Pimpinan Muso

Ulama NU Tanggapi Positif Pemutaran Film G30S PKI
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber