Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ketua KPU RI Tinjau Produksi Perdana Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019
Minggu, 30-09-2018 | 18:11 wib
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Arif Budiman Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Minggu siang, melakukan peninjauan pada pencetakan, kotak suara dan bilik suara pemilih 2019 di PT Intan Ustrik Gresik. Ketua KPU RI mengklaim pencetakan kotak dan bilik suara dengan karton bisa menghemat anggaran hingga 70 persen.

Pada Pemilu 2019 nanti, baik untuk pemilu legislatif ataupun pilpres yang akan dilaksanakan pada bulan 17 April 2019. Di antara peraga KPU, yang berupa kotak suara dan bilik suara akan menggunakan bahan dari karton, yang sebelumnya masih banyak menggunakan bahan dari seng, alumunium. Perubahan bahan kotak suara atau bilik suara, dikarenakan untuk efensiensi anggaran serta efektifitas penggunaan.

"Untuk membuat kotak suara, KPU mendapatkan anggaran Rp 948 miliar, tapi ketika dilelang untuk pembuatan kotak suara dari karton hanya membutuhkan anggaran Rp 284 miliar atau  20 persen dari pagu anggaran," kata Arif Budiman.

Sementara untuk bilik suara, KPU mendapatkan pagu anggaran Rp 196 miliar dan setelah dilelang dana yang dibutuhkan dalam pembuatan bilik suara berbahan karton. Hanya Rp 59 miliar atau sekitar 30 persen dari anggaran.

Untuk mencetak bilik suara dan kotak suara KPU yang dibutuhkan seluruh Indonesia saat pemilu 2019, ada empat perusahaan yang memenangkan tender. Di antaranya PT Intan Ustrik Gresik di Jalan Roomo Meduran, Gresik.

Ketua KPU RI juga sempat menguji kekuatan kotak suara dengan cara didudukinya dan ternyata tidak rusak. Peninjauan Ketua KPU RI saat produksi perdana kotak dan bilik suara, juga didampingi oleh Ketua KPU Jatim dan Ketua KPU Gresik.(end)





Berita Terkait


Ketua KPU RI Tinjau Produksi Perdana Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber