Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Housevital, Upaya Anak-anak Pahami Makna Rumah Lewat Gerak Teater
Kamis, 27-09-2018 | 21:15 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Rumah adalah tempat tumbuh kembangnya anak, sekaligus tempat berkomunikasi dengan kelurga. Tentu saja, selalu ada permasalahan dalam hubungan antar anggota keluarga. Namun bagaimana anak-anak menyikapinya sehingga merasa nyaman dan terlindungi. Rumah menjadi sesuatu yang sangat vital bagi anak menata diri dan tempat belajar, selain di sekolah.

Dalam rangka mengembangkan potensi anak, khususnya di bidang seni, maka lembaga sosial, Wahana Visi, bekerjasama dengan seniman teater Galuh Tulus Utama, yang juga menjabat sebagai Komite Teater Dewan Kesenian Surabaya, menyelenggarakan pentas seni, Senin lalu, di Aula RW 05 Rusun Sombo dengan tema Housevital. Kegiatan ini akan bercerita tentang peran vital sebuah rumah bagi tumbuh kembang anak.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan adrenalin, kebanggaan, dan kepercayaan diri penampil. Persiapan kegiatan ini dimulai sejak awal Agustus. "Kegiatan ini akan rutin diadakan 3 bulan sekali, karena anak di sini banyak dan butuh saluran biar waktunya berguna. Kami juga berharap bahwa peminatnya makin banyak jadi kelompok seni di sini terus berkembang dan punya karya sendiri yang di tempat lain belum ada," tutur Ajeng Herning, Area Program Manager Surabaya, Wahana Visi Indonesia.

Di tahun sebelumnya, kegiatan serupa juga sering dilakukan. Terhitung sudah kedua kalinya, kegiatan semacam ini diinisiasi oleh Kelompok Seni Semanggi yang mayoritas beranggotakan anggota karang taruna. Kegiatan ini menampilkan pantomime, dongeng boneka dan musikalisasi puisi. Harapan besar kegiatan ini adalah anak-anak bisa mengaktualisasikan alam pikiran dan bisa mengeksplorasi kreativitas mereka.

"Sedari awal kami memang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan aman bagi tumbuh kembang anak-anak yang kami dampingi selama ini, lingkungan yang mendukung kemampuan baik motorik maupun kognisi anak-anak. Tentu saja, keberadaan kelompok Semanggi yang selama ini menjadi mitra kami patutlah diapresiasi. Mereka ini yang peduli terhadap lingkungan sekitar dan tak lelah memberikan dukungan bagi adik-adiknya untuk tak ragu menggali potensi hingga muncul ke permukaan. Besar harapan kami, beberapa tahun ke depan, khususnya Rusun Sombo bisa mencetak seniman-seniman cilik yang mampu menghasilkan karya yang mampu dikenal secara lokal maupun nasional," tambah Ajeng Herning.

Sementara Galuh melihat potensi anak-anak tersebut saat menjalani latihan teater. "Melalui proses ini, saya belajar bagaimana proses anak-anak memiliki sifat kritis dengan latihan teater. Dengan tema Housevital, mereka mampu menyikapi pentingnya rumah, tidak hanya sebagai tempat tinggal saja tapi lebih dari itu. Cerita banyak tertuang pada proses penciptaan teater, bagaimana mereka berdiskusi menentukan cerita sampai dengan proses latihan. Tentu saja banyak hal menarik terjadi," terangnya. (end)




Berita Terkait


Housevital, Upaya Anak-anak Pahami Makna Rumah Lewat Gerak Teater

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber