Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Dibalik Kisah Suami-Istri Hidup Dengan Puluhan Orang Gila
Jum'at, 21-09-2018 | 16:49 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Sepasang suami-istri di Desa Paringan Ponorogo ini, mungkin menjadi satu-satunya pasutri yang ada di Indonesia, yang mau hidup dan bahkan merawat puluhan penderita gangguan jiwa. Bahkan sudah lebih dari 28 tahun, pasutri ini menjadikan rumahnya sebagai tempat untuk menampung bagi orang-orang yang terbuang.

Di bangunan sederhana yang ada di Desa Paringan, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, inilah menjadi tempat berteduh puluhan penderita gangguan jiwa. Orang-orang yang sebagian besar terbuang dan dikucilkan masyarakat ini, dipungut dari berbagai daerah. Dimana lingkungan bahkan keluarga menolak mereka, karena dianggap pengganggu, kotor, bahkan sampai dianggap membahayakan.

Namun bagi pasangan suami-istri, Heru Setiawan dan Lamini, sejak tahun 1990, justru merawat lebih dari 60 orang penderita gangguan jiwa. Tidak hanya merawat, namun juga membangunkan tempat bagi mereka untuk berteduh dan menjalani hidup sehari-hari .

Dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, keduanya merawat para penderita gangguan jiwa ini, seperti keluarga sendiri. Bahkan sebagian hartanya diberikan untuk memenuhi kebutuhan hidup orang-orang berkebutuhan khusus tersebut, selain bantuan dari donatur dan sebagain keluarga pasien .

Bagi Heru dan Lamini merawat orang gangguan jiwa tersebut, tidak untuk menuntut dan mengharap apapun, apalagi materi. Keberkahan dan doa mereka menjadi satu-satunya harapan serta keinginannya, kelak di waktu dirinya dan istri sudah tiada.(end)

Berita Terkait


Dibalik Kisah Suami-Istri Hidup Dengan Puluhan Orang Gila

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber