Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Petugas gabungan langsung memeriksa ketersediaan beras yang berada dalam gudang. Foto: Farid Fahlevi
Tim Sergap TNI Angkatan Darat Sidak Bulog Terkait Ketersediaan Gabah di Gudang Bulog
Jum'at, 21-09-2018 | 15:02 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Tim Serapan Gabah (Sergab) dari TNI Angkatan Darat bersama Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, melakukan inspeksi mendadak ke Gudang Bulog Sub Dirve Probolinggo, yang terletak di Desa Klaseman, Kecamatan Gending.

Petugas gabungan langsung memeriksa ketersediaan beras yang berada dalam gudang. Tumpukan beras ini, diketahui merupakan beras lokal hasil penggilingan gabah milik petani.

Dari hasil sidak, diketahui bahwa serapan gabah kurang maksimal sepanjang tahun 2018. Selain karena harga yang masih lebih mahal tengkulak, petani lebih suka menjual gabah kepada tengkulak karena tidak terlalu faham mekanisme jual beli denngan bulog.

Menurut Kolonel Infantri Sofian Chandra, ketua Tim Sergab Mabes TNI Angkatan Darat, mengatakan, meski serapan gabah tak maksimal. Namun stok beras di buloh masih surplus sehingga cukup untuk kebutuhan pangan di Kabupaten Probolinggo, hingga 3 bulan kedepan.

"Saat ini petani di Probolinggo tengah panen raya gabah dan dipastikan bulan ini ketersediaan gabah sangat melimpah," kata Kolonel Infantri Sofian Chandra.

Untuk memaksimalkan daya serap gabah dari petani, petugas akan melakukan setara gabah. Yakni pembelian 10 ton gabah yang dikonversi menjadi 5 ton beras.

Sekedar diketahui, harga jual gabah kering giling tingkat petani di Kabupaten Probolinggo sekittar Rp 4.800 per kilogram. Sementara, berdasarkan inpres nomor 5 tahun 2015 tentang Harga Pembelian Petani (HPP), ditetapkan bahwa bulog menyerap gabah pettani dengan harga Rp 4.650 per kilo gram. (yos)

Berita Terkait


Tim Sergap TNI Angkatan Darat Sidak Bulog Terkait Ketersediaan Gabah di Gudang Bulog

Menjelang Lebaran Menteri Sosial Perintahkan Bulog Distribusikan Beras Untuk Warga Miskin

DPRD Mendapati Puluhan Ton Beras Bulog Berkualitas Jelek

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber