Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Jadi Kolektor Bonsai, Polisi Bondowoso Ini Memiliki Aset Ratusan Juta
Kamis, 20-09-2018 | 13:35 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Jadi Kolektor Bonsai, Polisi Bondowoso Ini Memiliki Aset Ratusan Juta
Bondowoso pojokpitu.com, Seorang polisi di Kabupaten Bondowoso, memiliki hobi menjadi pemburu bonsai. Ratusan bonsai berbagai jenis telah menjadi koleksi di galeri bonsai itu di Desa Sukowiryo Kecamatan Kota Kabupaten Bondowoso.

Adalah Aiptu Ahmad Abadi, yang sehari-harinya bertugas sebagai anggota Polsek Curahdami. Di rumahnya berjejer ratusan bonsai berbagi jenis dengan nilai estetika tinggi.

Bonsai tanaman yang sengaja dikerdilkan di dalam pot dangkal ini, dengan tujuan membuat miniatur bentuk asli sebuah pohon. Koleksi Aiptu Ahmad Abadi diantaranya, serrut, iprik, mustam, bonsai sisir, dan ileng-ileng.

Keseluruhan bahan didapatkan dari para pemburu di hutan, serta sebagian hasil buruannya sendiri. "Sebanyak 700 bonsai saya buat sendiri hingga menjadi sebuah karya bernilai seni tinggi," kata Aiptu Ahmad Abadi.

Untuk masa penggarapan dari bahan dasar, dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun. Sebuah bonsai jadi siap jual setelah mendapat tawaran harga tinggi. Mulai Rp 15 juta hingga Rp 40 juta.

"Dalam penggarapan bonsai mulai dari bahan dasar yang harus diperhatikan keseimbangan antara batang, cabang, anak cabang, ranting dan daun," jelas Aiptu Ahmad Abadi.

Bagi para pecinta bonsai khususnya di Kabupaten Bondowoso, agar selalu berinovasi. Sebab hobi ini sebenarnya sangat menguntungkan. (pul)

Berita Terkait


Jadi Kolektor Bonsai, Polisi Bondowoso Ini Memiliki Aset Ratusan Juta

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber