Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kerapan ini biasanya digelar pada saat musim tanam tiba, sekaligus menyambut musim penghujan. Foto Farid
Kerapan Sapi Brujul Tradisi Sambut Musim Hujan
Rabu, 19-09-2018 | 23:12 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Berita Video : Kerapan Sapi Brujul Tradisi Sambut Musim Hujan
Probolinggo pojokpitu.com, Banyak cara untuk melestarikan budaya dan tradisi asli daerah. Seperti yang ada di Kota Probolinggo, para petani menggelar kerapan sapi brujul atau kerapan sapi pembajak sawah selama dua hari berturut turut. Bagaimana keseruan kerapan sapi yang satu ini?,

Puluhan peserta dari berbagai kecamatan di Kota Probolinggo sangat antusias mengikuti kerapan sapi ini. Sebelum bertanding, sapi-sapi terlebih dulu melakukan pemanasan dengan berjalan di lintasan sawah sepanjang 50 meter.

Menurut Abdul Musa pemilik, pesertanya bukanlah sapi yang siap potong, dan bukan pula sapi yang biasa dibuat kerapan. Namun sapi-sapi tersebut adalah sapi brujul, yakni sapi jantan yang biasa dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Setelah beberapa kali mengenalkan lintasan, kemudian peserta mengikuti kelas yang dilombakan. Pada hitungan 1, 2, 3 serta bendera merah diangkat, dua pasang sapi yang dilengkapi keleles ini dilepas. Siapa yang sampai duluan sampai ke garis finish maka dialah pemenangnya.

Lintasan yang berlumpur membuat sapi-sapi ini kesulitan untuk berlari kencang. Bahkan tidak jarang pula sapi yang justru berlari ke luar lintasan. Maka penonton yang melihat dari sisi samping langsung berlarian menyelamatkan diri.

Saiful salah satu joki ini misalnya, sapi tunggannya yang bernama predator merupakan juara bertahan di kerapan sapi brujul tahun lalu. Sebelum bertanding sapi-sapi ini harus berlatih dan diberi aneka jamu-jamuan. "Tidak tanggung-tanggung sekali jamu menghabiskan 20 sampai 30 butir telur ayam kampung setiap hari," kata Saiful.

Jika anda penasaran dengan kerapan sapi brujul maka tidak ada salahnya untuk datang Kota Probolinggo pada sekitar bulan September. Biasanya selain ada kerapan sapi brujul juga ada kerapan kambing. (pul)

Berita Terkait


Fashion Show Batik Kombinasi Sapi Sonok

Kerapan Sapi Brujul Tradisi Sambut Musim Hujan

Seekor Sapi Mengamuk Hingga Tercebur Got

Sapi Ongole 1,5 Ton Dikurbankan di Masjid Al-Akbar Surabaya


Kerapan Sapi Brujul Tradisi Sambut Musim Hujan

Maling Sapi Terekam CCTV Berhasil Ditangkap Tim Buru Sergap

Ikut Program Inseminasi Buatan, Kebuntingan Sapi Diperiksa Massal

Maling Sapi di Probolinggo Terekam CCTV
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber